Manajemen Rantai Pasok dan Metode Penerapannya

Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasok adalah sebuah sistem yang mengatur mengenai pemasokan barang mulai dari kegiatan penjadwalan, pengadaan barang, proses penerimaan barang, produksi, hingga pengiriman produk yang dilakukan oleh pemasok kepada pelanggan. Pengendalian dalam manajemen rantai pasok dilakukan terhadap informasi, sumber daya manusia, aktivitas, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi proses rantai pasok. Manajemen rantai pasok bertujuan untuk memenuhi permintaan pelanggan dan menjaga persediaan produk yang disediakan oleh perusahaan sehingga kegiatan dapat lebih efektif dan efisien.

Dalam sistem manajemen rantai pasok terdapat tiga jenis metode yang dapat digunakan agar proses rantai pasokan dapat berjalan dengan lancar yaitu: 

  1. Upstream Supply Chain
    Merupakan pengendalian rantai pasok yang dilakukan dengan melakukan pemantauan persediaan dari hulu ke hilir. Metode ini merupakan proses di mana suatu perusahaan atau organisasi menerima pasokan bahan baku dari supplier atau pemasok untuk melakukan proses produksi.
  2. Internal Supply Chain
    Merupakan pengendalian rantai pasok yang dilakukan di dalam perusahaan untuk melakukan pemrosesan terhadap bahan baku yang telah diterima dari pemasok untuk diproses lebih lanjut dalam proses produksi.
  3. Downstream Supply Chain
    Merupakan pengendalian rantai pasok yang dilakukan dengan memantau persediaan dari hilir ke hulu. Metode ini merupakan proses di mana produk yang telah dibuat oleh perusahaan akan di didistribusikan kepada pelanggan atau distributor.

Strategi Penerapan Manajemen Rantai Pasok

Dalam penerapan Manajemen rantai pasok sendiri, terdapat beberapa macam strategi yang dapat digunakan dalam manajemen rantai pasok. Strategi tersebut antara lain :

  1. Memiliki lebih dari satu pemasok
    Strategi yang pertama dalam manajemen rantai pasokan, adalah untuk memenuhi kebutuhan permintaan, anda dapat melakukan kerja sama dengan lebih dari satu pemasok. Strategi ini merupakan strategi yang paling banyak digunakan. Dengan memiliki lebih dari satu pemasok, anda dapat mencari pemasok yang terbaik yang dapat memenuhi permintaan pelanggan. Umumnya, dalam strategi ini digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dalam jangka pendek.
  2. Bekerja sama dengan sedikit pemasok
    Berbeda dengan strategi pertama, strategi kedua yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, anda dapat bekerja sama dengan beberapa pemasok saja, untuk menjaga kestabilan dan komunikasi dengan pemasok. Umumnya strategi ini digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dalam jangka yang lebih panjang dibandingkan strategi pertama.
  3. Menjalankan integrasi vertikal dengan pemasok
    Strategi ini merupakan strategi di mana untuk memenuhi kebutuhan permintaan dari pelanggan, anda akan melakukan akuisisi terdadap pemasok untuk menjadi bagian dari perusahaan. Dengan melakukan mengakuisisi, koordinasi dan kontrol dari pemenuhan kebutuhan akan lebih mudah. Strategi ini umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang, dan juga dalam skala yang besar.
  4. Menjalankan Jaringan Keiretsu
    Strategi ini merupakan gabungan dari metode integrasi vertical dan metode memiliki sedikit pemasok. Dalam strategi ini, anda tetap melakukan akuisisi terhadap perusahaan pemasok anda, namun anda juga dapat tetap bekerja sama dengan beberapa pemasok luar, sehingga ketika permintaan tidak dapat dipenuhi oleh pemasok yang di akuisisi, anda dapat dengan mudah menjaga keseimbangan kontrol.
  5. Bekerja sama dengan Vendor
    Strategi ini merupakan strategi di mana anda atau perusahaan anda dapat memenuhi permintaan dari pelanggan melalui kerja sama dengan vendor – vendor yang bertugas sebagai pihak ketiga dan berperan sebagai anda untuk memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan.

Berikut merupakan definisi singkat dari manajemen rantai pasok dan beberapa strategi yang digunakan dalam pelaksanaan manajemen rantai pasok. Untuk penerapan lebih detail Anda bisa mengunakan jasa Konsultan agar manajemen rantai pasok Anda lebih efektif.

Penulis : DC