Konsultan Dalam Sertifikasi ISO, Pentingkah?

Pembahasan mengenai ISO memang tidak akan pernah ada habisnya, nah untuk pembaca yang belum tahu ISO adalah suatu standar internasional sistem manajemen yang dapat disertifikasi. Standar dari ISO ada bermacam-macam dimulai dari ISO 9001:2015 terkait mutu, ISO 14001:2015 terkait lingkungan, ISO 45001:2018 terkait keselamatan kerja, ISO 27001:2013 terkait keamanan informasi, dan lain-lain. Dalam standar-standar yang ditetapkan ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan apabila akan sertifikasi ISO. Persyaratan-persyaratan yang diperlukan mulai dari pemenuhan dokumen hingga best practices implementasi di lapangan. Biasanya perusahaan-perusahaan akan bingung dengan langkah apa yang harus diambil agar dapat memenuhi persyaratan dan mendapatkan sertifikat ISO, di sini adalah peranan dari konsultan ISO.

Konsultan ISO itu apa sih? Konsultan ISO adalah seseorang yang memiliki keahlian atau pengetahuan terkait persyaratan-persyaratan ISO dan memberikan arahan kepada perusahaan agar sistem manajemen yang diterapkan sesuai dengan persyaratan ISO atau bahkan lebih baik lagi. Konsultan ISO yang baik pastinya adalah konsultan yang sudah menangani berbagai macam jenis perusahaan dan memiliki banyak pengalaman serta contoh yang dapat diterapkan. Perusahaan-perusahaan yang akan sertifikasi ISO kami sarankan untuk menggunakan jasa konsultan ISO, kenapa? Karena ada keuntungan-keuntungan yang perusahaan akan dapatkan dengan menggunakan jasa konsultan ISO dalam progresnya mencapai kelulusan pada sertifikasi ISO. Keuntungan-keuntungannya adalah sebagai berikut :

  1. Perusahaan akan mendapatkan saran, masukan, dan arahan
    Konsultan dengan pengetahuan tentang standar sistem manajemen dapat memberikan saran-saran kepada perusahaan agar penerapan di perusahaan sesuai dengan standar ISO yang diterapkan.
  2. Development sistem manajemen ISO akan lebih efektif dan efisien
    Konsultan ISO akan melakukan perencanaan terkait dengan management system development, jadi system development di perusahaan tidak akan memakan waktu yang sangat lama dan proses development nya sudah tersusun dalam perencanaan yang dibuat dari konsultan dan perusahaan dapat mengacu pada rencana tesebut.
  3. Membantu perusahaan agar lebih percaya menghadapi audit dari eksternal/badan sertifikasi
    Dengan adanya konsultan ISO yang membantu perusahaan dalam pemenuhan standar serta persyaratan ISO maka saat audit dari eksternal dilaksanakan perusahaan akan lebih percaya diri karena persyaratan-persyaratan ISO sudah mereka penuhi dengan arahan dari konsultan. Konsultan juga akan mendampingi saat audit eksternal untuk membantu apabila ada kesulitan atau pertanyaan-pertanyaan yang tidak dipahami.

Nah setelah mengetahui keuntungan menggunakan konsultan ISO dalam proses mencapai sertifikasi ISO, berikut adalah tips-tips yang dapat dipertimbangkan untuk memilih konsultan ISO yang baik :

  1. Memiliki banyak pengalaman
    Konsultan ISO yang baik adalah konsultan yang memiliki banyak pengalaman dan telah membantu banyak client-nya mencapai sertifikasi ISO dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada media informasi yang mereka miliki, karena biasanya akan dicantumkan nama client-client yang telah ditangani
  2. Memiliki pelayanan yang profesional
    Pelayanan yang profesional yang dimaksudkan adalah konsultan ISO yang akan dipilih harus memiliki kemampuan dan kapabilitas yang baik. Konsultan ISO yang profesional memiliki bukti kompetensi dan pelayanan yang diberikan sesuai dengan ekspetasi client.

Setelah mengetahui keuntungan dan tips dalam memilih konsultan ISO, sudah punya pandangan bukan sebelum melakukan sertifikasi nantinya. Apakah masih bingung dalam memilih konsultan? Jangan khawatir, Bizplus adalah konsultan ISO terpercaya yang sudah membantu berbagai macam jenis perusahaan untuk memperoleh sertifikat ISO.

Penulis : YW