Pentingnya Sustainable Business Bagi Perusahaan

Dalam melakukan ataupun menjalankan sebuah bisnis perusahaan tentunya tujuan utamanya adalah mendapatkan kepuasan pelanggan dan keuntungan yang sesuai dengan harapan dan strategi perusahaan. Tujuan bisnis seperti itu adalah hal yang wajar namun sebaiknya kita perlu mengetahui bahwa sebenarnya bisnis atau perusahaan memiliki tanggung jawab yang penting terhadap lingkungan dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal inilah yang mendasari atau menjadi pengertian dari Sustainable Business, di mana suatu bisnis memiliki manfaat baik dalam jangka pendek atau jangka panjang yang sifatnya konsisten dan terus-menerus.

Dalam melakukan penerapan konsep Sustainable Business ini suatu bisnis harus mampu mengelola 3P, di mana 3P ini adalah :

  1. Profit (Keuntungan)
    Tujuan utama dalam setiap bisnis adalah mendapatkan profit. Cara mendapatkan profit dalam konsep Sustainable Business adalah kita meningkatkan efisiensi dari proses kerja yang dilakukan, contohnya adalah melakukan perbaikan pada sistem manajemen perusahaan sehingga produktivitas dari perusahaan dapat meningkat. Hasil dari peningkatan produktivitas ini akan berbanding lurus dengan profit yang didapatkan oleh perusahaan.
  2. People (Masyarakat)
    Selain mendapatkan profit, bisnis yang dilakukan juga pastinya memiliki relasi dengan masyarakat sekitar. Jadi perusahaan perlu untuk menjaga relasi dengan masyarakat sekitar dengan memberikan beberapa keuntungan, contohnya dengan melakukan program Corporate Social Reponsibility (CSR) di mana perusahaan dapat membantu perekonomian atau kebutuhan dari masyarakat-masyarakat sekitarnya. Dengan melakukan hal ini diharapkan masyarakat dapat memberi dukungan penuh terhadap bisnis atau perusahaan yang dijalankan.
  3. Planet (Lingkungan)
    Berkaitan dengan poin People, suatu bisnis tidak terlepas dari masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga suatu bisnis yang ingin sustain harus memperhatikan juga lingkungan di sekitarnya. Contoh dari hal ini adalah untuk menjaga kesehatan dari karyawan yang melakukan pekerjaan di lapangan maka diperlukan udara yang baik untuk kesehatan, sehingga perusahaan perlu menjaga agar tidak ada pencemaran udara yang signifikan dan mengganggu kesehatan pekerjanya. Dengan lingkungan yang terjaga ini maka keberlangsungan suatu bisnis juga akan terpengaruhi.

Tujuan Sustainable Business

Setelah mengetahui pengertian dan hal-hal yang harus diperhatikan, lalu sebenarnya apa tujuan dari penerapan konsep Sustainable Business ini? Tujuan dari penerapan dari konsep ini adalah :

  • Meningkatkan Keuntungan Yang Didapatkan Perusahaan
    Dengan menjaga relasi dengan masyarakat sekitar maka masyarakat sekitar akan mendukung penuh bisnis yang kita jalankan dan secara tidak langsung akan memilih produk atau jasa kita terhadap kehidupan sehari-hari mereka. Di lain sisi dengan kegiatan-kegiatan yang menjaga lingkungan maka perusahaan dapat menggunakan material yang ramah lingkungan dan pastinya memperoleh keuntungan jangka panjang karena pengeluaran yang digunakan untuk material dapat dihemat.
  • Meningkatkan Sistem Manajemen Kerja Yang Diterapkan
    Karena salah satu cara meningkatkan keuntungan adalah dengan melakukan efisiensi pada pekerjaan yang dilakukan, maka suatu bisnis harus meningkatkan sistem manajemen yang diterapkan. Peningkatan ini dapat dilakukan secara bertahap dan pastinya sumber daya manusia yang ada di perusahaan secara tidak langsung akan mengalami peningkatan.

Nah setelah mengetahui poin-poin yang diperlukan dan tujuan dari Sustainable Business ada poin yang di-highlight yaitu peningkatan sistem manajemen. Dalam melakukan peningkatan sistem manajemen dapat dilakukan dengan mengacu pada sistem manajemen yang telah memiliki standar yaitu ISO. Dalam menerapkan ISO ini, bisnis Anda dapat dibantu oleh Konsultan ISO yang terpercaya yaitu Bizplus. Hal ini akan akan memudahkan Anda dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan melakukan monitoring dari progress implementasinya.

Penulis : YW