Problem Solving and QC 7 Tools

Dalam dunia industri khususnya manufaktur, kualitas merupakan sesuatu yang menjadi “Harga Mati”, kenapa demikian? Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan akan produk yang kita hasilkan berada pada “Kualitas Produk”. Semakin berkualitas produk kita maka pelanggan akan semakin puas dan kemungkinan untuk membeli kembali lebih tinggi. Tetapi permasalahan yang sering muncul dan dialami oleh industri-industri adalah banyaknya produk cacat yang muncul dari proses produksinya, sementara perusahaan tidak tau penyebab dari cacatnya produk ini. Nah, dari permasalahan inilah muncul beberapa tools yang bisa dipakai sebagai cara untuk mengetahui dan memperbaiki kualitas produk, tools-tools ini sering disebut sebagai QC 7 Tools.

Langkah Pengambilan Keputusan

QC 7 tools dalam Quality System merupakan pengendalian kualitas berdasarkan ilmu statistic. QC 7 tools sendiri adalah gabungan/kumpulan metode dalam teknik decision making. Langkah-langkah yang diperlukan dalam pengambilan keputusan adalah sebagai berikut :

  1. Pengumpulan data menggunakan metode 5W + 1H
  2. Menemukan masalah
  3. Analisa berdasarkan data
  4. Pengambilan Keputusan

Berdasarkan langkah-langkah tersebut dapat dilihat bahwa dalam pengambilan keputusan diperlukan data-data dan hasil pengolahannya, hasil pengolahan data tersebut akan dijadikan sebagai bahan pembuatan keputusan. Pengumpulan, pengolahan, dan analisa data ini semuanya sudah terakomodasi dalam QC 7 tools.

QC 7 Tools

Tools yang dapat digunakan dalam QC 7 Tools adalah :

  1. Check sheet
  2. Cause & Effect Diagram
  3. Pareto Chart
  4. Histogram
  5. Grafik
  6. Scatter Diagram
  7. Control Chart

Penjelasan-penjelasan dari setiap tools sebagai berikut.

  1. Check Sheet
    Check sheet merupakan tools berupa table sederhana yang digunakan dengan tujuan mempermudah pengumpulan data. Pada table tersebut diisi dengan parameter-parameter dari suatu item yang datanya akan dikumpulkan. Check sheet juga dapat digunakan sebagai tools pemeriksaan kesalahan kerja atau jumlah produk cacat tiap produksi.
  2. Cause & Effect Diagram
    Sering disebut juga sebagai Fishbone Diagram, tools ini merupakan sebuah gambar berisi hubungan dari suatu hasil dan penyebab-penyebab yang bisa mempengaruhi. Penyebab-penyebab yang umum digunakan adalah Man, Machine, Method, Material, Environment.
  3. Pareto Chart
    Pareto Chart merupakan grafik yang memperlihatkan seberapa besar masalah yang ditentukan dan pengaruhnya terhadap kualitas. Pareto Chart menggunakan konsep 80/20, yang berarti sekitar dari 80% efeknya disebabkan oleh 20%.
  4. Histogram
    Histogram merupakan sebuah grafik yang memperlihatkan karakteristik dari sebuah data yang terpusat pada nilai tertentu. Ketika histogram menunjukkan data berdistribusi normal atau membentuk lonceng berarti proses yang dilaksanakan sudah stabil.
  5. Grafik
    Grafik di sini dapat berupa berbagai macam contohnya bar chart, pie chart, dan lain-lain. Fungsi dari pembuatan grafik ini agar kita dapat lebih mudah menginterpretasikan data yang telah di dapat dalam bentuk visual.
  6. Scatter Diagram
    Scatter Diagram merupakan salah satu metode untuk menginterpretasikan data ketika kita ingin mengetahui kekuatan hubungan dari dua variable. Contoh penggunaannya adalah ketika kita ingin mengetahui apakah banyaknya jumlah produksi memiliki hubungan dengan tingginya produk cacat. Ketika titik-titik tersebar secara sangat acak maka hubungan kedua variable lemah, tetapi ketika titik-titik berkumpul pada suatu titik tertentu maka hubungan kedua variable kuat.
  7. Control Chart
    Control Chart merupakan grafik yang menunjukkan penyimpangan mutu dari produk yang kita hasilkan. Pada grafik ini terdapat garis Upper Control Limit (UCL), Control Limit (CL), dan Lower Control Limit (LCL). Apabila data kita melewati UCL atau LCL maka dapat dikatakan bahwa terjadi penyimpangan.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas apakah pengetahuan kalian tentang QC 7 Tools semakin bertambah? Penjelasan-penjelasan lebih detail dan bagaimana cara pembuatannya dapat kalian dapatkan dari training-training yang membahas mengenai QC 7 Tools. Dengan adanya konsultan ISO, dapat membantu Anda dalam penerapan yang lebih efektif.

Penulis : YW