Bagaimana Meningkatkan Kualitas Desain Grafis?

Jika Anda seorang desainer grafis, suatu saat pasti akan mengalami selarik waktu yang berjalan datar dan stagnan.  Saat di mana Anda sudah merasa menemukan gaya Anda sendiri.  Berbeda ketika Anda baru mengenal dan belajar desain grafis, semua ilmu ingin dikuasai semua.

Bagaimana pun jika profesi sebagai desainer grafis sudah Anda pilih, mau tak mau kita harus meningkatkan kualitas desain grafis kita agar tidak berhenti pada satu titik lalu suatu saat akan tenggelam. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu menjadikan profesi Anda akan selalu ‘menghasilkan’ tanpa takut bersaing di dunia persilatan.

1. Membaca Tutorial Desain

Membaca tutorial desain adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan skill desain Anda. Tutorial biasanya menunjukkan bagaimana untuk membuat suatu hasil tertentu dengan menjelaskan proses kerja keseluruhan dalam serangkaian langkah-langkah rinci.

2. Menggali Inspirasi dari Berbagai Sumber Lain

Tidak terlepas dari pentingnya membaca tutorial desain, tapi jangan menjadikan hal itu satu-satunya cara menggali inspirasi.  Banyak hal disekitar Anda yang bisa memberikan inspirasi dan memperkaya daya imajinasi kreativitas.  Lihatlah alam sekitar, perhatikan secara seksama dan temukan sesuatu yang menarik bagi Anda.

3. Mendesain Dari Sesuatu yang Khusus

Terkadang terasa sulit untuk meningkatkan atau bergerak dari suatu titik tertentu karena lamanya kita berada pada suatu area tertentu seraca konsisten dan berkutat pada hal yang sama. Memperluas sumber inspirasi Anda adalah awal yang baik.

4. Manfaatkan Bakat Lain yang Relevan

Desain grafis tidak sama dengan komputer atau software pengolah grafis.  Bermacam elemen bisa sangat mempengaruhi proses penciptaan karya kreatif tertentu.  Cobalah eksplorasi bakat Anda yang lain.

5. Be Original

Anda tidak perlu terus menerus mengikuti tren desain yang sedang berlangsung. Ketika sesuatu telah menjadi tren, artinya banyak sekali gambar yang sama di tempat yang berbeda.  Ketika Anda ikut larut di sana berarti karya Anda memiliki rasa yang sama dengan yang lain.

6. Kritik Desain

Biarkan desain kita di kritik.  Carilah sebuah tempat untuk memajang desain Anda sehingga orang lain akan bisa melihat, menilai dan mengkritik.

Sumber : https://idesainesia.com/bagaimana-meningkatkan-kualitas-desain-grafis

Share