Mengapa Perusahaan Memerlukan Auditor Internal ?

Auditor Internal

Perusahaan tempat kita bekerja sangatlah membutuhkan tenaga Auditor internal. Kenapa? Banyak sekali alasan yang dapat menjawab pertanyaan kenapa perusahaan memerlukan tenaga auditor.  Salah satu fungsi Auditor internal adalah Sebagai pemberi assurance yang independen dan objektif

Apa fungsi dari Auditor Internal?

Auditor dapat berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan dari lembaga yang independen dan objektif. Sebagai orang yang berapa di tingkat teratas manajemen pasti memerlukan laporan sebagai pertanggungjawab kepada perusahaan. Apabila laporan tersebut disajikan oleh orang yang mengerjakan pekerjaan tersebut maka disinyalir laporan pertanggungjawaban dapat “dibuat-buat”. Adanya Auditor internal untuk mengurangi resiko tersebut sebagai lembaga yang independent dan objektif untuk menghasilkan laporan yang accountable. Sebagai internal audit akan memberikan rekomendasi yang diharapkan dapat memberikan perbaikan perusahaan dimasa yang akan datang.

Dengan adanya Auditor internal, minimal mengurangi risiko perusahaan mengalami kerugian karena tidak efektif, efisien dan ekonomis. Sudah banyak sekali lembaga pengembangan manajemen mutu yang mensyaratkan agar perusahaan memiliki internal audit. Namun penggunaan audit internal sendiri bergantung dengan kebutuhan perusahaan.

Apa Manfaat Dari Audit Internal Dalam Perusahaan?

Audit internal dilakukan oleh unit yang berada di dalam perusahaan yang ditugaskan untuk melakukan audit terhadap perusahaan yang bersangkutan. Pelaksana dari audit internal dikenal dengan auditor internal yang  biasanya ada pada perusahaan besar dimana perusahaan tersebut memiliki struktur organsasi yang kompleks dengan berbagai tugas dan fungsi masing-masing.

 8 Manfaat audit internal dalam perusahaan berikut ini :

  1. Membantu anggota organisasi agar dapat menjalankan tugas dengan efektif

Dalam aktivitas internal audit berusaha melakukan analisis dan memberikan berbagai saran dan penilaian. Proses pemeriksaan audit meliputi pengawasan yang efektif dengan cost yang normal. Dengan hal ini maka pasti setiap anggota akan dapat focus kepada tugas dan tanggung jawabnya masing masing sehingga jika kemudian terjadi kesalahan atau ditemukan kekeliruan dalam proses audit maka ada pihak yang dapat dimintai tanggung jawa tanpa menyalahkan pihak lainnya.

  1. Memanajemen Perusahaan

Sukrisno Agoes mengemukakan bahwa tujuan internal audit adalah membantu manajemen perusahaan menjalankan tugas melalui analisa, penilaian, dan pemberian saran dan masukan mengenai kegiatan/program (yang masuk dalam pemeriksaan). yang disesuaikan dengan biaya pajak mobil berbagai merek

  1. Sarana Kelengkapan (Completeness)

Meyakinkan bahwa seluruh transaksi telah dicatat atau ada dalam jurnal secara aktual telah dimasukkan.dalam proses internal audit data adalah hal utama yang nantinya akan diperiksa sehingga dengan demikian maka kelengkapa data menjadi hal yang diutamakan. Karenanya jangan sampai lupa mencatat setiap hal yang terjadi secara detail.

 
  1. Memastikan Akurasi

Memastikan transaksi dan saldo perkiraan yang ada telah dicatat berdasarkan jumlah yang benar, perhitungan yang benar, diklasifikasikan, dan dicatat dengan tepat sebagaimana juga dalam salah satu dasar dasar perpajakan.

  1. Memastikan keberadaa/ eksistensi

Untuk memastikan bahwa semua harta dan kewajiban yang tercatat memiliki eksistensi atau keterjadian pada tanggal tertentu, jadi transaksi tercatat tersebut harus benar-benar telah terjadi dan tidak fiktif sehingga berpengaruh pada cara menghitung pajak mobil.

  1. Menjadi dasar penilaian

Untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum telah diterapkan dengan benar. Audit merupakan sebuah proses evaluasi yang didalamnya ditujukan untuk memeriksa kebenaran serta kesesuian dengan standar yng berlaku sehingga pada akhirnya akan memunculkan penilaian mengenai layak atau tidaknya hal tersebut dilakukan.

 
  1. Mengklasifikasilkan

Memastikan bahwa transaksi yang dicantumkan dalam jurnal diklasifikasikan dengan tepat. Jika terkait dengan saldo maka angka-angka yang dimasukkan didaftar klien telah diklasifikasikan dengan tepat secara lengkap cara menghitung pajak progresif sehingg semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

  1. Mencari temuan

Internal audit memiliki tujuan pemeriksaan untuk membantu manajemen dalam menjalankan tugasnya melalui cara memberikan saran dari analisa, penilaian terkait aktivitas yang di audit. Internal Audit Report memaparkan mengenai temuan pemeriksaan/audit findings yang berkaitan dengan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan, kekurangan pengendalian internal yang disertai dengan saran perbaikan.

Selain memberikan manfaat yang besar proses ini akan bisa didapatkan jika auditor melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Memastikan terkait peraturan dan prosedur yang harus dipatuhi oleh seluruh elemen manajemen.
  • Memberi penilaian baik dan meningkatkan pengawasan efektif dengan biaya sewajarnya serta mengidentifikasi sistem pengendalian yang diterapkan yang meliputi pengendalian internal manajemen dan kegiatan operasional yang berkaitan
  • Memberi penilaian baik dan meningkatkan pengawasan efektif dengan biaya sewajarnya serta mengidentifikasi sistem pengendalian yang diterapkan yang meliputi pengendalian internal manajemen dan kegiatan operasional yang berkaitan
  • Mengajukan berbagai saran dalam rangka memperbaiki sistem operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien.
  • Memberi nilai terkait mutu dan kualitas kerja kepada setiap bagian yang ditunjuk manajemen perusahaan. Hal ini disesuaikan dengan standar dari manajemen mutu yang dilaksanakan.
  • Memastikan bahwa data yang dimiliki dan diolah di dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.
Share