7 Manfaat Kegiatan Team Building dalam Perusahaan

Sejatinya manusia adalah mahluk sosial yang mana kita diciptakan untuk saling membutuhkan satu sama lain dan saling berinteraksi satu dengan yang lain.

Kita kerap sekali tinggal di dalam suatu komunitas yang apabila di rumah dinamakan keluarga dan di kantor atau di sekolah kita namakan organisasi.

Di dalam suatu organisasi diperlukan sekali adanya kerja sama tim (team building) yakni proses yang perlu dilakukan oleh anggota tim untuk saling membantu agar tujuan dari adanya sebuah organisasi tersebut dapat terwujud.

Hal paling penting dalam team building adalah harus terbentuknya interaksi dan komunikasi anggota tim agar tidak terdapat miscommunication yang dapat menghambat terwujudnya tujuan team tersebut.

Manfaat team building dalam perusahaan

Fastwork telah merangkun tujuh manfaat adanya kegiatan team building yang dilakukan dalam perusahaan sebagai berikut.

1. Membuat anggota tim saling mengenal satu sama lain

Apabila kita masuk dalam suatu lingkungan kantor biasanya kita akan menemukan orang-orang baru yang tentunya berbeda dengan teman di sekolah atau kampus.

Apabila semasa sekolah kita bisa memilih ingin berteman dengan siapa saja namun berbeda dengan dunia kerja. Dunia kerja menuntut kita kompak dengan anggota tim walau tidak sehobi atau sepergaulan.

Perbedaan itu kadang membuat kita sulit “nyambung” dengan kolega kita. Dengan adanya kerja sama tim memberi kita kesempatan melihat sisi lain setiap teman kita yang biasanya tidak muncul di kantor.

Siapa yang tahu sekretaris yang dingin itu ternyata adalah seorang pemain piano hebat?

Bukankah semakin banyak kita mengenal seseorang, semakin kita bisa merasa lebih aman untuk bersikap terbuka. Tak hanya berdampak pada hubungan pribadi, keterbukaan ini pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa percaya yang lebih kuat dalam tim.

2. Menjalin komunikasi

Dalam suatu perusahaan tentunya ada ada atasan dan ada karyawan. Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan anggota tim dengan baik untuk mempermudah tercapainya suatu visi dari sebuah perusahaan.

3. Membentuk kerjasama team

Dengan adanya kerja sama dalam team, setiap anggota tim mengerti posisi dan tugasnya sehingga lebih bertanggungjawab terhadap pekerjaan masing-masing.

Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan organiasasi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar tercapainya tujuan yang sudah dirancangkan sejak awal.

4, Menumbuhkan motivasi dalam mencapai tujuan

Motivasi tentu sangat diperlukan dalam setiap tindakan dan pekerjaan yang kita lakukan. Tanpa adanya motivasi tentu kita tidak akan mencapi hasil yang maksimal dalam suatu pekerjaan yang kita lakukan.

Begitu juga dalam iklim dan suasana kantor, motivasi sangat perlu dalam mengerjakan tugas dengan hasil yang memuaskan tepat pada waktunya. Team Building sangat membantu kita membangun motivasi dalam diri kita.

5. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas tim

Suasana dan lingkungan kerja yang nyaman membuat kita lebih santai dan lebih menikmati pekerjaan yang kita lakukan.

Apabila kita melakukan suatu pekerjaan atas dasar senang dan nyaman tentu hasilnya akan lebih maksimal. Begitu juga dengan kerja sama tim, team building secara tidak langsung membuat semua anggota tim lebih kreatif dan lebih produktif dalam melakukan sebuah tugas.

6. Menyatukan perbedaan pendapat

Setiap manusia tentunya memiliki ragam dan pemikiran di dalam diri mereka. Hal ini tentunya berdampak pada pemecahan masalah di dalam lingkungan kerja.

Banyaknya orang yang tergabung dalam suatu team dapat menyebabkan adanya perbedaan pendapat dalam melakukan pekerjaan untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Adanya team building inilah yang mampu menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah masukan untuk memperbaiki kerja suatu team dalam meuwujudkan tujuan organisasi.

7. Menumbuhkan sikap saling percaya

Di dalam suatu tim kita memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dan tentunya itu sangat memerlukan kerja sama.

Kerja sama yang baik akan tercipta apabila setiap anggota tim menumbuhkan sikap saling percaya. Adanya team building membuat kita dapat membangun kepercayaan satu sama lain.

Tentunya, masih banyak cara dalam membuat suatu kerja sama yang sukses. Semua ini dapat disesuaikan dengan keadaan perusahaan kamu.

Bila kamu seorang leader, pastikan kamu sebagai pemimpin dapat membangun hubungan yang baik dengan bawahan dan jika kamu seorang anggota tim, berusahalah untuk mengerjakan tanggung jawab kamu dengan maksimal sebagai anggota tim yang baik.