Pentingnya Selling Skills untuk Meningkatkan Karier

  • by
Selling Skills

Dalam setiap industri, akan selalu ada posisi atau pekerjaan sebagai tenaga penjual (sales). Jika Anda bekerja sebagai sales, maka Anda bisa mendapatkan gaji atau keuntungan yang tinggi jika Anda memiliki kinerja yang bagus. Untuk itu, Anda harus memahami tentang pentingnya selling skills.

Apa itu Selling Skills?

Selling skills adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa yang akan dapat Anda raih ke depannya; sukses dan tidaknya Anda dalam berbisnis secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan Anda dalam menjual produk yang Anda miliki.

Selling skills erat kaitannya dengan manipulatif, membujuk, menekan dan menarik perhatian seseorang. Namun, sesungguhnya menjual adalah menjelaskan logika dan benefit dari sebuah keputusan. Semua orang butuh untuk meyakinkan orang lain bahwa idenya masuk akal, untuk meyakinkan bos atau calon investor bahwa proyek yang direncanakan akan mendatangkan keuntungan.

Esensinya selling skills adalah communication skills.

Untuk bisa menjadi sales yang hebat dengan gaji yang tinggi, beberapa orang memerlukan pendidikan khusus untuk menguasainya. Namun jangan khawatir, tanpa mengeluarkan uang yang besar Anda tetap bisa menguasai dengan cara memahami tulisan yang Anda baca saat ini.

Keterampilan Seperti Apa yang Anda Butuhkan Jika Bekerja di Bidang Penjualan?

Sebelumnya Anda harus pahami terlebih dahulu bahwa penjualan adalah bidang pekerjaan yang beragam dan banyak tuntutan. Selain mampu menjual, Anda juga harus memiliki keterampilan komunikasi, interpersonal, dan layanan pelanggan yang sangat baik.

Dalam posisi penjualan, Anda perlu berkomunikasi dengan pelanggan, klien, pemasok, dan vendor potensial. Kemampuan/keterampilan komunikasi adalah hal yang amat penting dalam dunia bisnis dan pengembangan karir. Dan bekerja dalam dunia sales akan memberikan keterampilan komunikasi yang lebih dibanding bekerja dibidang lain. Selling skills juga berguna bagi seorang leader untuk memimpin sebuah tim nya.

Manfaat Selling Skills :

Berikut adalah beberapa manfaat dari selling skills:

  1. Mengerti cara bernegosiasi dengan baik
    Semua pekerjaan melibatkan yang namanya negosiasi: baik itu dengan costumer, vendor, suplier, bahkan dengan atasan. Jika Anda bekerja di bidang penjualan, maka Anda harus belajar bagaimana menjadi pendengar yang baik, mengevaluasi hasil dan masalah, mengidentifikasi pendorong utama,  memecahkan masalah, menanggulangi overcome, dan mendapatkan kesepakatan tanpa menimbulkan masalah baru.
  1. Belajar untuk lebih dekat, down to earth
    Meminta atau bertanya apa yang kita inginkan bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Berhasil melakukan sebuah penjualan adalah seni dan ilmu pengetahuan. Membuat orang setuju dan mengikuti apa yang kita inginkan juga sebuah seni dan ilmu.  If you want to lead people, you must be able to close.
  2. Belajar mengenai ketekunan
    Sebagai pedagang atau salespeople, Anda akan mendengarkan kata “tidak” kapanpun dan dimanapun. Namun, seiring berjalannya waktu seorang Anda akan memahami hal tersebut bukanlah sebuah penolakan tetapi itu adalah sebuah tantangan. Dan Anda akan berusaha untuk mencari dan memecahkan tantangan tersebut.
  1. Belajar akan disiplin
    Selling skills akan membangun kepercayaan diri Anda. Bekerja dalam dunia penjualan akan mengajarkan Anda untuk melangkah maju dengan penuh keyakinan terutama di bawah tekanan dan krisis.