2024 Pemerintah Mewajibkan Jasa Logistik Bersertifikasi Halal

Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Undang-Undang ini memiliki peran penting dalam mengatur standar dan prosedur untuk memastikan bahwa produk yang beredar di pasaran memenuhi ketentuan halal. Bukan hanya produk saja yang perlu dipastikan, namun jasa penunjangnya pun juga perlu dipastikan ke halalannya. Salah satunya adalah Perusahaan logistik. Industri logistik memiliki peran yang krusial dalam mendukung rantai pasok global, menyediakan distribusi barang, dan memastikan efisiensi operasional.

Namun, apakah penting perusahaan logistik juga disertifikasikan halal? Mari kita bahas kenapa Perusahaan logistik perlu memiliki sertifikasi halal.

Pemenuhan Kriteria Halal oleh Customer

Salah satu kriteria SJH adalah  aktivitas kritis , dimana pada kriteria ini Customer perlu memastikan kehalalan di jasa layanan trasnportasi dengan memastikan beberapa hal, seperti kondisi kendaraan bebas dari najis yang dapat mengontaminasi bahan/produk halal.

Kepercayaan Customer

Dengan mendapatkan sertifikasi halal, perusahaan logistik dapat memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang mereka kirimkan atau distribusikan sesuai dengan standar halal. Ini tidak hanya menciptakan kepercayaan konsumen tetapi juga memberikan keuntungan kompetitif karena banyak konsumen yang semakin memilih produk yang terjamin kehalalannya.

Pemahaman Terhadap Kebutuhan Khusus

Industri logistik harus memahami bahwa produk halal seringkali memiliki kebutuhan khusus, seperti pemisahan dari produk non-halal atau penyimpanan yang memenuhi standar kebersihan tertentu. Sertifikasi halal akan membantu perusahaan logistik menyesuaikan proses operasionalnya untuk memenuhi kebutuhan ini dengan lebih baik.

Kelanjutan Rantai Pasok

Sertifikasi halal pada perusahaan logistik dapat meningkatkan keberlanjutan rantai pasok, terutama bagi produsen dan pemasok produk halal. Dengan memastikan bahwa seluruh proses logistik sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kehalalan, perusahaan logistik dapat membantu melindungi reputasi mitra bisnisnya dan memperkuat hubungan dalam rantai pasok.

Dari ke-empat hal di atas, perusahan logistik yang sudah bersertifikasi halal dapat memperluas pasar, membangun kepercayaan konsumen, dan menghadapi permintaan layanan logistik yang memenuhi standar halal.

Dalam pengurusan sertifikasi halal untuk Perusahaan Anda dapat menggunakan jasa konsultan Bizplus. Namun hal yang perlu disiapkan oleh Perusahaan Anda adalah:

Sertifikasi Personil

Terdapat personil yang sudah memiliki sertifikat sebagai penyelia halal. Penyelia halal wajib beragama islam dan lulus kompetensi.

Pemahaman Terhadap Persyaratan Halal

  • Perusahaan perlu memahami dengan baik aturan dan persyaratan yang diatur oleh Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan peraturan turunannya.
  • Menguasai panduan teknis dan protokol prosedur yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga sangat penting. Anda dapat menggunakan jasa konsultan bizplus untuk membantu pemahaman terhadap kriteria Jaminan produk Halal.

Prnulis: RR
Share this :