Apa itu Public Speaking? & Mengapa itu Penting?

Public Speaking

Apa itu public speaking? Pada dasarnya, ini adalah presentasi yang diberikan langsung kepada audiensi. Pidato publik dapat mencakup berbagai macam topik yang berbeda. Tujuan dari pidato bisa untuk mendidik, menghibur atau mempengaruhi pendengar. Sering kali, alat bantu visual dalam bentuk slideshow elektronik digunakan untuk melengkapi pidato dan membuatnya lebih menarik bagi pendengar.

Presentasi berbicara di depan umum berbeda dari presentasi online karena presentasi online dapat dilihat atau didengarkan sesuai kemauan pemirsa, sementara pidato publik biasanya terbatas untuk waktu tertentu atau tempat. Presentasi online sering terdiri dari slide atau pre-recorded video dari pembicara (termasuk rekaman presentasi langsung berbicara di depan umum).

Karena public speaking dilakukan langsung kepada penonton, ada beberapa faktor khusus yang perlu dipertimbangkan pembaca. Kita akan segera membahasnya, tapi pertama-tama mari kita kilas balik sejarah public speaking.

Jika Anda bertanya pada kebanyakan orang, mereka mungkin akan mengatakan mereka tidak suka berbicara di depan umum. Mungkin bahkan mereka mengaku takut, karena takut berbicara di depan umum adalah rasa takut yang sangat umum. Atau mereka mungkin hanya malu atau tertutup. Untuk alasan ini, banyak orang menghindari berbicara di depan umum jika bisa. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghindari berbicara di depan umum, Anda melewatkan kesempatan.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan bahkan bisa lebih kuat daripada kata-kata tertulis di tangan pembicara yang tepat.

Apakah Anda seorang pemilik usaha kecil, mahasiswa, atau hanya seseorang yang bergairah tentang sesuatu-Anda akan mendapatkan keuntungan jika Anda meningkatkan keterampilan public speaking, baik secara pribadi dan profesional. Beberapa manfaat untuk berbicara di depan umum meliputi:

  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Ketrampilan riset yang lebih baik 
  • Keterampilan deduktif yang lebih kuat
  • Kemampuan melakukan advokasi untuk kasus-kasus
  • Dan banyak lagi

Berbicara di depan umum sangat penting untuk bisnis karena mereka butuh menyampaikan pesan kepada pelanggan potensial dan memasarkan bisnis mereka. Orang-orang marketing dan eksekutif  sering diharapkan memiliki keterampilan berbicara di depan publik. Selanjutnya, mari kita pelajari cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum.

Oke, jadi sekarang Anda memahami manfaat dari berbicara di depan umum, Anda mungkin akan sedikit lebih tertarik. Namun juga, Anda mungkin masih berpikir hal ini tidak untuk Anda. Mungkin Anda pernah memberikan pidato sekali dan itu tidak berjalan dengan baik. Mungkin Anda takut berbicara di depan umum. Atau mungkin Anda berpikir Anda tidak memiliki kemampuan alami untuk memberikan pidato.

Sejatinya berbicara di depan umum adalah sebuah keterampilan. Itu bisa dipelajari. Sementara beberapa orang mungkin memiliki kemampuan berbicara yang lebih alami daripada yang lain, atau suara yang lebih menyenangkan, atau lebih karismatik — siapa pun yang dapat berbicara dapat belajar menjadi pembicara publik yang lebih baik saat ini. Ini hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dan beberapa usaha.

Untuk membantu Anda menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum, kita akan memperhatikan empat bidang ini:

  1. Menulis pidato
  2. Mengatasi rasa takut untuk berbicara
  3. Berlatih pidato
  4. Memberikan pidato