Change Leader dan Perannya Untuk Keberhasilan Bisnis

Change leader atau pemimpin perubahan adalah individu yang memimpin, mengarahkan, dan mendukung proses perubahan dalam organisasi. Peran ini sangat penting dalam memastikan bahwa perubahan berjalan lancar dan efektif, serta bahwa tujuan yang diinginkan tercapai

Dalam suatu perusahaan, perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi di mana tujuan dari perubahan ini adalah untuk mencapai goals perusahaan yang lebih tinggi.

Pada pelaksanaannya, terkadang perubahan pada suatu perusahaan tidak semudah membalikkan telapak tangan karena ada banyak aspek di dalam perusahaan yang harus mengikuti perubahan ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang change leader di perusahaan adalah sebagai berikut :

Dalam melaksanakan perubahan-perubahan di dalam perusahaan dengan efektif, diperlukan adanya seorang change leader sebagai penggerak perubahan. Harapan dari adanya change leader ini jelas, agar goals dari perubahan yang disyaratkan oleh Top Management dapat tercapai dengan maksimal.

  1. Melihat kondisi perusahaan secara keseluruhan
    Harus dapat melihat kondisi perusahaan secara keseluruhan, karena dalam melakukan pengambilan keputusan dalam suatu perubahan adalah hal yang critical dan harus melalui beberapa pertimbangan.
  2. Dapat mendelegasikan tugas
    Kemampuan untuk mendelegasikan tugas kepada personil lain merupakan hal yang perlu untuk dilakukan oleh seorang leader, karena dengan pendelegasian ini maka tugas-tugas dapat terselesaikan.
  3. Selalu memberikan feedback
    Seseorang yang selalu memberikan feedback kepada anggota timnya, terlebih feedback-feedback positif yang dapat membangun tim. Pemberian feedback positif ini juga berguna agar tim dapat lebih termotivasi dan mengikuti perubahan dengan baik.
  4. Haus akan pengetahuan dan pembelajaran
    Menjadi seorang change leader harus selalu memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga mendorong leader tersebut untuk selalu menambah pengetahuan dan belajar.
  5. Kreatif
    Kreatif merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena change leader harus dapat beradaptasi dan membentuk sesuatu dari situasi perusahaan saat ini dan kendala-kendala ke-depannya.

Penulis : YW

Share this :