ISO 9001:2015 dan Pentingnya Untuk Manajemen Perusahaan

ISO 9001:2015 adalah Versi terkini dari ISO 9001.Standar ini yang membantu organisasi dalam mengatur proses bisnis mereka untuk mencapai tingkat mutu yang lebih baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. Standar ini juga menetapkan prinsip-prinsip dasar untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang disediakan memenuhi persyaratan pelanggan dan regulasi yang berlaku.

ISO 9001 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen mutu dalam suatu organisasi. Jenis ISO ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1986 oleh ISO (International Organization for Standardization), sebuah badan internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara. Sejak pertama diterbitkan, ISO 9001 mengalami dua kali perubahan minor pada tahun 1994 dan 2008. Sementara untuk perubahan major juga terjadi dua kali saat tahun 2000 dan 2015.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari ISO 9001:2015 adalah untuk membantu organisasi dalam mengembangkan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen mutu yang efektif. Dengan menerapkan standar ini, organisasi memiliki kerangka kerja yang terstruktur untuk mengelola proses bisnis mereka dengan lebih baik untuk mencegah kesalahan dalam proses serta meminimalisir kesalahan setelah produk diterima oleh customer.

Manfaat dari ISO 9001 meliputi:

  1. Peningkatan Kualitas
    ISO 9001 membantu organisasi meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka dengan fokus pada pemenuhan persyaratan pelanggan dan pengendalian proses.
  2. Kepuasan Pelanggan
    Dengan memahami kebutuhan pelanggan dan memastikan produk atau layanan sesuai dengan harapan, organisasi dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.
  3. Efisiensi Operasional
    ISO 9001 mendorong organisasi untuk mengidentifikasi dan menghilangkan ketidaksempurnaan dalam proses bisnis mereka, yang berkontribusi pada efisiensi dan pengurangan biaya.
  4. Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik
    Standar ini membantu organisasi mengidentifikasi dan mengelola risiko potensial dalam operasi mereka, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah dan kegagalan.
  5. Perbaikan Berkelanjutan
    Dengan fokus pada evaluasi berkelanjutan dan perbaikan, organisasi dapat mengidentifikasi peluang untuk inovasi dan peningkatan yang berkelanjutan.
  6. Kepercayaan Pelanggan dan Mitra Bisnis
    Sertifikasi ISO 9001 dapat meningkatkan citra dan reputasi organisasi di mata pelanggan dan mitra bisnis.
  7. Pematuhan Regulasi
    ISO 9001 membantu organisasi mematuhi persyaratan hukum dan regulasi terkait dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan.
  8. Pengukuran Kinerja
    Dengan mengumpulkan data dan informasi terkait kinerja, organisasi dapat mengukur sejauh mana pencapaian tujuan dan memantau kemajuan mereka.

Secara keseluruhan, ISO 9001 membantu organisasi menciptakan lingkungan yang lebih terstruktur, efisien, dan berfokus pada pencapaian mutu yang lebih tinggi.

Kapan Perusahaan Membutuhkan Sertifikasi ISO 9001:2015 ?

Sebuah perusahaan biasanya membutuhkan sertifikasi ISO 9001 ketika mereka ingin mengukuhkan komitmen mereka terhadap mutu dan meningkatkan sistem manajemen mereka. Beberapa situasi di mana sertifikasi ISO 900:2015 bisa sangat bermanfaat meliputi:

  1. Persyaratan Pelanggan
    Jika pelanggan atau mitra bisnis mengharuskan perusahaan memiliki sertifikasi ISO 9001 sebagai syarat untuk bekerja sama atau untuk memenuhi tender tertentu.
  2. Peningkatan Kualitas
    Jika perusahaan ingin secara signifikan meningkatkan mutu produk dan layanan mereka, ISO 9001 dapat menjadi alat untuk membantu mengarahkan upaya perbaikan.
  3. Peningkatan Efisiensi
    Jika perusahaan ingin mengoptimalkan proses bisnisnya dan mengurangi pemborosan, ISO 9001 memberikan kerangka kerja untuk mencapai tujuan ini.
  4. Masalah Kepuasan Pelanggan
    Jika ada masalah yang berkaitan dengan ketidakpuasan pelanggan atau keluhan yang berulang, ISO 9001 dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi akar masalah tersebut.
  5. Pasar Internasional
    Jika perusahaan ingin memasuki pasar internasional, sertifikasi ISO 9001 bisa membantu membangun kepercayaan di antara pelanggan dan mitra bisnis dari berbagai negara.
  6. Peningkatan Reputasi
    Jika perusahaan ingin meningkatkan citra dan reputasinya di mata pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat umum.
  7. Manajemen Risiko
    Jika perusahaan ingin lebih baik dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko dalam operasinya, ISO 9001 dapat membantu menciptakan kerangka kerja untuk ini.

Namun, penting untuk diingat bahwa sertifikasi ISO 9001:2015 bukanlah keharusan untuk setiap perusahaan. Keputusan untuk mendapatkan sertifikasi harus dipertimbangkan dengan hati-hati, dan perusahaan harus memastikan bahwa memiliki sumber daya yang cukup untuk menerapkan dan mempertahankan standar ini dengan sukses sesuai persyaratan yang diharuskan.

Penulis : BD

Share this :