ISO 9001:2015 saat ini sudah tidak cukup asing untuk diterapkan. Fokus utama ISO 9001:2015 adalah kepuasan pelanggan, baik pelanggan eksternal dan pelanggan internal. Jika kita melakukan penerapan ISO 9001:2015, maka akan terdapat beberapa manfaat yang akan kita terima, antara lain:
- Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan
- Meningkatkan image serta daya saing
- Meningkatkan kesadaran secara internal tentang pentingnya mutu
Tahapan Penerapan ISO 9001:2015
Lalu, bagaimana jika ingin menerapkan ISO 9001:2015? Berikut beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk menerapkan ISO 9001:2015, antara lain:
- Melakukan pelatihan pemahaman ISO 9001:2015. Tahap pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan pelatihan ISO 9001:2015, di mana untuk pelatihan ini Anda akan memahami apa persyaratan yang perlu dilengkapi sesuai dengan perusahaan Anda.
- Melakukan gap analysis sesuai persyaratan ISO 9001:2015. Tahap kedua setelah melakukan pelatihan adalah melakukan gap analysis. Gap analysis dapat Anda gunakan sebagai dasar melakukan penyusunan dokumen.
- Melakukan penyusunan dokumen. Penyusunan dokumen ISO 9001:2015 dibuat berdasarkan proses, tindakan pencegahan, dan mandatory document ISO 9001:2015
- Melakukan implementasi sesuai dokumen yang dibuat
- Melakukan audit internal
Prinsip ISO 9001:2015
Setelah melakukan beberapa penerapan ISO 9001:2015, Anda juga harus mengetahui beberapa prinsip dari sistem manajemen mutu antara lain:
- Fokus pelanggan, yaitu fokus utama adalah memenuhi persyaratan pelanggan dan melebihi ekspektasi pelanggan
- Kepemimpinan, yaitu pemimpin di setiap tingkatan sepakat mempunyai tujuan dan arah yang sama untuk menciptakan kondisi semua orang berperan aktif dan ikut serta mencapai sasaran mutu.
- Keikutsertaan orang, yaitu setiap orang berkompetensi, bersemangat dan berperan serta aktif dalam memberikan nilai-nilai.
- Pendekatan proses, yaitu hasil konsisten dan terprediksi dicapai lebih efektif dan efisien apabila semua kegiatan dimengerti dan diatur sebagai proses yang saling terkait.
- Peningkatan, yaitu hasil konsisten dan terprediksi dicapai lebih efektif dan efisien apabila semua kegiatan dimengerti dan diatur sebagai proses yang saling terkait.
- Pengambilan keputusan berdasarkan bukti, yaitu Hasil konsisten dan terprediksi dicapai lebih efektif dan efisien apabila semua kegiatan dimengerti dan diatur sebagai proses yang saling terkait.
- Manajemen Relasi, untuk keberhasilan jangka panjang, organisasi membangun hubungan baik dengan pihak yang terkait, misalnya pemasok.
Nah, hal-hal di atas merupakan Penjelasan terkait cara penerapan dan prinsip ISO 9001:2015. Jika Anda ingin melakukan penerapan ISO 9001:2015, Anda dapat menghubungi bizplus.id sebagai jasa konsultasi dan training.
Penulis : RP