Penetration Test: Karir Peluang dan Kompetensi

Pengertian dan Jenis-Jenis Penetration Test

Penetration Test adalah cara pintar dan sah untuk mencari dan memperbaiki masalah keamanan di dalam sistem atau nama kerennya adalah Security Assesment. Mirip seperti simulasi serangan siber dengan izin. Dalam proses produksi barang pada umumnya, kegiatan ini bisa diibaratkan sebagai Quality Assurance dalam bidang sistem keamanan IT.

Jenis-Jenis Penetration Test:

  • Black Box Testing: Seperti seorang hacker yang tidak tahu banyak tentang sistem, Contoh: Menguji situs web tanpa pengetahuan internal, mencari celah dari perspektif eksternal.
  • White Box Testing: Deskripsi Singkat: Diberi pengetahuan penuh tentang sistem sebelumnya, Contoh: Menguji aplikasi dengan pengetahuan lengkap tentang kode sumbernya.
  • Gray Box Testing: Campuran antara Black Box dan White Box Testing, Contoh: Menguji aplikasi dengan pengetahuan terbatas tentang struktur internalnya.
  • Automated Testing: Menggunakan alat otomatis untuk menemukan masalah umum, Contoh: Alat otomatis yang memeriksa situs web untuk kesalahan tanpa campur tangan manusia.
  • Manual Testing: Dilakukan oleh ahli keamanan manusia, Contoh: Pemeriksaan manual kode sumber untuk menemukan masalah yang lebih kompleks.
  • Social Engineering Testing: Melihat sejauh mana orang dapat dipengaruhi, Contoh: Mengirim email palsu untuk menguji seberapa mudah karyawan dapat dipengaruhi atau memberikan informasi rahasia.

Catatan Penting:

Penetration Test membantu organisasi mengatasi masalah keamanan sebelum diserang. Dengan berbagai jenisnya, uji keamanan ini memastikan sistem tetap aman dan terlindungi. Pentest adalah simulasi serangan siber dengan etika. Ini legal dan dengan izin. Bayangkan memindai pintu dan jendela di gedung kantor seperti menghitung pintu dan jendela di gedung. Pentest fokus pada perangkat lunak, firewall, encryption, IDS/IPS, dan DLP.

Manfaat dan Tantangan Penetration Test

Manfaat Penetration Test:

  • Pemindaian Keamanan: Mengidentifikasi dan memperbaiki celah keamanan sebelum serangan sebenarnya terjadi.
  • Asuransi Keamanan: Menyediakan lapisan pertahanan tambahan untuk melindungi data dan sistem.
  • Kepercayaan Pelanggan: Meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan komitmen terhadap keamanan.

Tantangan Penetration Test:

  • Biaya: Dapat menjadi mahal tergantung pada skala dan kompleksitas sistem.
  • Gangguan Operasional: Pengujian dapat mengganggu operasi normal sistem.
  • Kesesuaian Waktu: Penting untuk dijadwalkan dengan hati-hati agar tidak mengganggu rutinitas bisnis sehari-hari.

Konsultasi yang dilakukan dengan pakar juga akan memberikan wawasan kepada pengembang akan kerentanan sistem keamanan mereka. Sebaiknya konsultasikan dengan tepat ke orang yang tepat, atau bisa hubungi konsultan proffesional seperti bizplus.id

Tahapan dan Metode Penetration Test

  • Perencanaan Cerdik: Rencanakan serangan dengan cerdik, identifikasi target, dan risiko layaknya manajer yang menyusun strategi bisnis.
  • Pelaksanaan Profesional: Lakukan penetrasi dengan keprofesionalan tinggi, seperti manajer yang menjalankan operasi timnya dengan presisi.
  • Deteksi Efisien: Temukan celah dengan keefisienan deteksi, mirip manajer yang bisa mengidentifikasi masalah secara taktis.
  • Evaluasi Bijaksana: Evaluasi hasil dengan kebijaksanaan, seperti manajer yang bijak dalam menganalisis kinerja tim.
  • Pelaporan Solutif: Sajikan laporan yang solutif, memberikan solusi konkret layaknya manajer yang memberikan arahan untuk perbaikan.

Standar dan Etika Penetration Test

Dalam melakukan Penetration Test, patuhi standar keamanan industri sebagai panduan dan terapkan etika sebagai kunci integritas, menjalankan uji keamanan tanpa merugikan atau mengganggu berlebihan, dan memberikan hasil temuan dengan keterbukaan dan tanggung jawab.

Bahaya Tanpa Penetration Test

Tanpa Penetration Test, sistem keamanan rentan terhadap ancaman yang tidak terdeteksi, membuka peluang risiko data bocor dan serangan siber yang merugikan. Salah satu sistem yang membahas tentang penetration test adalah ISO 27001. Dengan layanan konsultan ISO 27001 kami, Anda dapat meraih ketenangan pikiran, mengidentifikasi potensi bahaya sebelum menjadi ancaman serius.

Contoh Kasus dan Studi Kasus Penetration Test

Dalam satu skenario, sebuah perusahaan finansial yang tidak menjalankan Penetration Test secara berkala menjadi target serangan siber, menyebabkan kebocoran data klien dan merugikan reputasi perusahaan.

Contoh kasus: – Kompas.com (Kronologi Layanan BSI Eror, Down Berhari-hari dan “Dipalak” Hacker Ransomware Ratusan Miliar (kompas.com))

Serangan Ransomware pada Bank Syariah Indonesia (2023)

Pada bulan Mei 2023, terjadi insiden yang melumpuhkan salah satu server bank syariah terbesar di Indonesia selama 5 hari. Akibatnya, para nasabah tidak dapat mengakses aplikasi mobile banking mereka.

Dalam upaya memulihkan data, Lockbit mengancam bank BSI untuk membayar sejumlah uang. Jika tidak ada pembayaran, maka data tersebut akan dijual ke dark web. Kasus cybercrime ini termasuk dalam kategori serangan Ransomware yang terbesar di Indonesia. Serangan ini juga menjadi peringatan bagi semua pihak untuk meningkatkan keamanan siber.

Peluang Karir dan Pengembangan Kompetensi

Dunia keamanan siber menawarkan peluang karir yang luas, termasuk sebagai ahli Penetration Test, konsultan ISO 27001, atau peran lain yang krusial. Dengan mengasah kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi seperti Certified Ethical Hacker (CEH) dan ISO 27001, Anda dapat membuka pintu menuju berbagai pekerjaan yang menantang. Bergabunglah dengan komunitas keamanan informasi yang dinamis dan tingkatkan karir Anda. Jika Anda mencari pelayanan konsultasi keamanan dan pertumbuhan bisnis, kunjungi Bizplus.id – Solusi Keamanan dan Pertumbuhan Bisnis yang Terpercaya.

Penulis: A
Share this :