Apa itu Strategi Pemasaran
Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Konsultan ISO Bizplus.id dapat membantu anda dalam mengimplementasikan strategi pemasaran
Tujuan Strategi Pemasaran
- Untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Strategi pemasaran dilakukan bertujuan agar setiap anggota tim dapat bekerja sama dengan baik, efektif dan efisien
- Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan. Jika tidak ada pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak dapat mengukur nilai penjualan
- Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, maka perlu dibentuk strategi pemasaran yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perusahaan lain
- Sebagai dasar yang masuk akal untuk pengambilan keputusan. Adanya data hasil penjualan, maka perusahaan dapat menetapkan strategi pemasaran selanjutnya yang akan dilakukan
Konsep Strategi Pemasaran
Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah. Berikut konsep khusus strategi pemasaran.
a. Segmentasi Pasar
Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.
b. Positioning Market
Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis Hal ini dilakukan karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.
c. Market Entry Strategy
Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah market entry strategy. Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu.
Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu
- Membeli perusahaan lain
- Internal Development
- Kerjasama dengan perusahaan lain
d. Marketing Mix Strategy
Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Berikut variabel yang terdapat pada marketing mix.
- Product
- Price
- Place
- Promotion
- Participant
- Process
- People Physical Evidence
e. Timing Strategy
Disini perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar. Ini adalah merupakan penjabaran dari timing strategy pada konsep strategi pemasaran. Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa persiapan konsep strategi pemasaran di bidang produksi. Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.
Strategi Pemasaran Produk
Terdapat beberapa strategi pemasaran produk yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Lalu terkait pemasaran produk, beberapa inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut.
- Kenali Konsumen Anda
Istilah konsumen adalah raja adalah sebuah kebenaran. Karena itu hal ini harus anda masukkan ke dalam konsep strategi pemasaran Anda. Karena raja sangat senang dilayani dan dibuat bahagia atas apa yang ia dapatkan dan alami.
- Pilih Lokasi Strategis
Pertimbangan memilih lokasi yang tepat dan strategis adalah hal penting dalam pembuatan konsep strategi pemasaran. Seperti, toko roti Holland Bakery yang lebih memilih membuka toko di pinggir jalan keramaian, dibandingkan di dalam mall. Hal tersebut merupakan strategi pemasaran Holland Bakery dalam membidik pelanggan potensialnya. Dengan adanya hal tersebut, Anda perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target penjualan.
- Penggunaan Internet Marketing
Salah satu strategi penjual dalam memasarkan barang dagangan secara cepat dan menguntungkan dibandingkan dengan menjual secara langsung ke pasar menggunakan Internet Marketing. Dengan menggunakan pemasaran online lewat internet marketing Anda dapat menampilkan produk atau jasa Anda melalui situs media sosial, terutama untuk bisnis online. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa selera konsumen dan apa yang mereka inginkan. Ini adalah salah satu konsep strategi pemasaran yang tidak boleh dilewatkan pada era internet seperti sekarang.
- Melakukan Promosi
Strategi promosi sebagai sebuah strategi upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan utama untuk memperkenalkan produk Anda ke masyarakat. Misalnya, untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas, Anda bisa berpartisipasi dalam event pameran yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Agar konsumen tidak merasa bosan Anda bisa melakukan promosi secara rutin dengan cara-cara yang menarik.
- Menjalin Hubungan dengan Konsumen
Kini bukan hanya konsumen yang berhubungan antar penjual dan pembeli, tetapi pembeli dan pembeli juga saling berhubungan. Konsumen saat ini bisa mengungkapkan kekecewaannya melalui media sosial, blog, atau komunitasnya. Yang mana kekecewaan tersebut dengan mudahnya tersebar ke khalayak ramai, hal ini tentu akan membuat rugi perusahaan karena citra buruk.
- Memberi Penghargaan untuk Testimoni Pelanggan
Produk akan lebih dapat dipercaya dan terlihat bagus apabila ada yang merekomendasikannya. Agar bisnis atau produk Anda mendapat rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut. Anda bisa memberi penghargaan yang menarik yang telah membuat testimoni.
Jangan tunda lagi untuk mengikuti pelatihan “Dinamic Salesmanship Workshop”. Hubungi kami konsultan ISO Bizplus.id sekarang untuk memulai proses sertifikasi.