Tindakan Risiko dan Peluang Berdasarkan Klausul 6 Pada ISO 45001:2018

Keselamatan dan Kesehatan (K3) pekerja menjadi isu yang perlu untuk diperhatikan oleh setiap perusahaan, di mana perusahaan memerlukan suatu sistem manajemen yang memastikan K3 di perusahaan berjalan dengan baik. Terkait dengan standarisasi sistem manajemen K3 yang banyak diimplementasikan adalah ISO 45001:2018, di mana penerapan sistem manajemen ISO 45001:2018 ini menggunakan konsep “Risk Based Thinking”. Konsep risk based thinking di dalam ISO 45001:2018 ini juga didukung dengan salah persyaratan mengenai analisa risiko dan peluang beserta tindak lanjut yang diperlukan, di mana jika kita melihat ke persyaratan ini tercantum pada “Klausul 6 .1 Tindakan Untuk Mengatasi Risiko & Peluang”. Risiko dan peluang berdasarkan Klausul 6 pada ISO 45001:2018 memiliki langkah-langkah yang perlu diterapkan yang bertujuan untuk mendapatkan manfaat sebagai fase planning sistem manajemen sesuai ISO 45001:2018

Langkah-Langkah Untuk Mengatasi Risiko dan Peluang

  • Identifikasi Kegiatan-Kegiatan yang Dilakukan Pada Masing-Masing Area Kerja

Proses identifikasi ini dapat dibantu dengan bertanya kepada penanggung jawab masing-masing area dan lakukan kegiatan site tour

  • Identifikasi Potensi Bahaya K3 dan Risikonya 

potensi bahaya K3 ini adalah sumber bahaya yang dapat timbul dalam setiap proses pekerjaan masing-masing area (Contoh: Terkena percikan api, terkena air panas, tertimpa material). Risiko K3 merupakan dampak yang timbul apabila potensi bahaya K3 tersebut terjadi (Contoh: cidera ringan, cidera sedang, kehilangan fungsi tubuh) 

  • Tentukan Nilai Risikonya  

Untuk menentukan nilai risiko dapat mempertimbangkan tingkat kemungkinan dan tingkat keparahan risiko. 

  • Tentukan Tindak Lanjutnya 

Tindak lanjut perlu untuk ditentukan pada risiko K3 yang dinilai signifikan berdasarkan Langkah sebelumnya. Tindak lanjut ini disarankan merupakan tindakan untuk mencegah potensi bahaya terjadi. 

  • Lakukan Penilaian Risiko Sisa 

Berdasarkan hasil penentuan tindak lanjut/kontrol maka dilakukan penilaian risiko sisa untuk memastikan bahwa tindak lanjut yang ditambahkan dapat menurunkan risiko.

Manfaat Penentuan Risiko dan Peluang Sebagai Fase Planning Sistem Manajemen ISO 45001:2018

  • Tindak lanjut yang dijalankan sesuai dengan potensi bahaya K3 yang relevan di perusahaan. Sistem manajemen yang tidak didasari dengan perencanaan tindak lanjut yang jelas akan cukup sulit menentukan sistem manajemen seperti apa yang akan dijalankan. 
  • Perusahaan memiliki framework atau gambaran mengenai improvement kedepannya terkait dengan aspek K3. Mengacu kepada prinsip sistem manajemen yang harus terus-menerus improve, dengan adanya analisa risiko dan peluang ini dapat memberikan perusahaan gambaran kekurangan atau risiko yang dapat ditindaklanjuti kedepannya. 

Setelah mengetahui tentang langkah-langkah dan manfaat tindakan dari pelaksanaan analisa risiko dan peluang berdasarkan ISO 45001:2018 maka perusahaan dapat juga mengimplementasikan keseluruhan ISO 45001:2018 agar sistem manajemen di perusahaan semakin baik. Dalam persiapan dan implementasinya, perusahaan dapat menggunakan jasa Konsultan ISO sebagai partner dalam development sistem manajemen ISO 45001:2018 yang baik. 

Penulis: YW
Share this :