Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001

Apakah Anda pernah mendengar mengenai ISO 14001? Masih bingung dengan pengertian ISO 14001? Nah, jadi ISO 14001 merupakan salah satu standar internasional tentang Environmental Management System atau yang bisa disebut sebagai Sistem Manajemen Lingkungan (SML). Sebagai bentuk standar satu spesifik tentang lingkungan bagi organisasi atau perusahaan, ISO 14001 memiliki ruang lingkup pada segala aktivitas perusahaan dan dampak yang dapat ditimbulkannya bagi lingkungan. Jadi kenapa perusahaan harus mempertimbangkan dampak lingkungan yang dihasilkannya? Hal ini karena perusahaan menempati sebuah lingkungan yang berkaitan dengan individu-individu lain ataupun perusahaan-perusahaan lain di sekitarnya. Dampak lingkungan dari satu perusahaan dapat berpengaruh terhadap perusahaan lain, oleh sebab itu pengendalian aspek dan dampak lingkungan diperlukan.

Manfaat Sistem Manajemen Lingkungan

Kembali lagi pembahasan Sistem Manajemen Lingkungan di awal, perusahaan dengan Sistem Manajemen Lingkungan yang sudah sesuai standar memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam digunakan secara lebih bijaksana oleh perusahaan karena sudah sadar dengan pemborosan energi
  2. Menjaga citra bisnis perusahaan karena isu-isu terkait pencemaran lingkungan saat ini mulai naik
  3. Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar karena pengendalian dampak lingkungan yang sudah tersistem dan sesuai dengan standar
  4. Pencemaran lingkungan di sekitar perusahaan dapat berkurang melalui minimalisir penggunaan bahan berbahaya dan beracun (B3)
  5. Kepatuhan terhadap peraturan/regulasi dari pemerintah dapat dipastikan telah terpenuhi karena pada ISO 14001 perusahaan memiliki kewajiban terkait kepatuhan peraturan.

Elemen ISO 14001

Dalam upaya untuk menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 ini, terdapat elemen-elemen yang perlu untuk diperhatikan dan dipenuhi oleh perusahaan. Elemen-elemennya adalah sebagai berikut:

  1. Peninjauan terkait tujuan perusahaan mengenai dampak lingkungannya
  2. Analisis terkait dampak lingkungan yang ditimbulkan
  3. Syarat dan kewajiban tentang pemenuhan peraturan perundangan terkait lingkungan
  4. Perencanaan program-program yang sesuai dengan tujuan dan target perusahaan mengenai lingkungan
  5. Memastikan setiap karyawan yang bekerja di bawah kendali perusahaan maupun karyawan di luar kendali tetapi bekerja di area perusahaan sadar mengenai dampak lingkungan
  6. Melakukan pembahasan mengenai kinerja-kinerja lingkungan perusahaan dan usaha untuk melakukan continuous improvement.

Dengan terpenuhinya elemen-elemen tersebut dan kontribusi aktif dari tiap-tiap level di perusahaan, maka kesimpulannya Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dapat dipastikan berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi perusahaan.

Penulis : YW