BRCGS Global Standard for Food Safety

BRCGS for Food Safety (British Retail Consortium Global Standard) adalah standar global yang dikembangkan oleh BRC (British Retail Consortium) untuk mengatur kriteria keamanan, kualitas, dan operasional yang harus diterapkan dalam organisasi manufaktur makanan. Standar ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan hukum dan perlindungan konsumen.

BRCGS for Food Safety pertama kali diterbitkan pada tahun 1998 dan telab menjadi acuan global untuk keamanan pangan. Standar ini secara umum digunakan untuk para retail dan juga pengolah untuk menghasilkan pangan yang berkualitas dan aman.

BRC dikenal dalam dunia non-pangan dan pangan sebagai salah satu badan standarisasi yang ketat. Standar ini dapat membuktikan komitmen perusahaan kepada keamanan pangan, kualitas, serta legalitas.

Cakupan BRCGS

BRCGS mencangkup kriteria terkait keamanan produk, manajemen risiko hingga tata kelola bisnis. Standar ini juga mengcangkup penerapan HACCP (Analisa Bahaya dan Titik Kritis) dan juga PRP (Program Pra Syarat) dengan tambahan beberapa hal terkait operasional yang harus diterpakan oleh perusahaan.

Implementasinya untuk keamanan pangan dilakukan tidak hanya produk akhir yang akan dikonsumsi manusia, namun juga pada pangan hewan dan untuk ternak.

Penerapan

Penerapan BRCGS mengacu pada risiko yang sudah ditentukan, termasuk risiko pada pengolahan produk, peralatan dan mesin, maupun untuk lingkungan. Analisa risiko akan membantu perusahaan untuk menentukan program pra syarat serta cara suatu perusahaan beroperasi.

Penerapan yang baik perlu memastikan beberapa hal yaitu: pemahaman personel perusahaan pada prinsip food safety maupun cara untuk mengimplementasikan standar persyaratan, infrastruktur yang memadai untuk mendukung program pra syarat yang diperlukan, serta pelatihan dan sertifikasi.

BRCGS dapat diterapkan sesuai dengan permintaan pelanggan maupun permintaan manajemen puncak untuk menjamin kualitas dan keamanan pangan yang dihasilkan. Maka, Implementasi BRCGS yang baik oleh perusahaan membutuhkan komitmen dari perusahaan dan keterlibatan seluruh tim.

Sebuah perusahaan dapat menjadi perusahaan yang unggul secara keamanan pangan dengan cara melakukan implementasi yang baik. Perusahaan bisa mendapatkan ilmu atau pengetahuan terkait BRCGS melalui training yang diberikan secara online, membaca persyaratan yang dimaksud oleh BRC, serta belajar dari konsultan yang mengarahkan Best Practice dari setiap pasal di persyaratan.

Penulis: F
Share this :