ISO 9001:2015
Konsultan ISO 9001:2015
ISO 9001 adalah standardisasi internasional yang paling dasar yaitu standard yang mengatur tentang sistem manajemen mutu, yang saat ini hadir dengan versi terbarunya yaitu ISO 9001:2015. ISO 9001 menggunakan metode pendekatan proses (Process Approach), pendekatan sistem (system approach) dan juga menggunakan pola Plan – Do – Check – Action (PDCA) – Continual Improvement. ISO 9001 mendukung manajemen yang efektif dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sangat tepat diterapkan di organisasi yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, memotivasi staf dan membangun budaya perbaikan terus-menerus.
Konsultan ISO 9001 dapat membantu meningkatkan kredibilitas organisasi dengan menunjukkan bahwa produk atau layanan dapat memenuhi harapan pelanggan. Sertifikasi ini membantu memperluas bisnis secara lokal dan di pasar luar negeri dan juga pasti membantu mengesankan pelanggan dengan mutu bisnis dan produk serta layanannya.
Sampai dengan tahun 2008, tercatat lebih dari satu juta perusahaan yang tersebar di berbagai negara telah mengimplementasikan dan memperoleh sertifikat ISO 9001. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring kebutuhan internal perusahaan, tuntutan pelanggan maupun tuntutan persaingan di pasar. Berdasarkan survey oleh organisasi ISO, banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut telah memperoleh manfaat yang signifikan dari implementasi ISO 9001: 2015.
Manfaat
Peningkatan efisiensi pada level operasional
Proses serta dokumentasi yang ditetapkan secara efektif menyebabkan pekerjaan dapat dilakukan secara konsisten
Variasi yang tidak memenuhi standar mutu dapat diminimalkan dan tingkat kesalahan dapat dihindarkan
Implementasi proses tindakan perbaikan dan pencegahan secara efektif menyebabkan solusi permanen terhadap permasalahan dapat diterapkan
Peningkatan produktivitas
Meningkatnya kinerja proses secara terus menerus
Kepercayaan konsumen akan meningkat dan terjaga dengan baik
Meningkatnya kepuasan pelanggan