Human Resource Planning Beserta Manfaatnya Bagi Perusahaan

Human Resource Planning

Dalam menentukan sebuah kegiatan pasti sebelumnya kita harus melakukan planning atau perencanaan terlebih dahulu. Sebuah perusahaan dalam mewujudkan eksistensinya untuk mencapai sebuah tujuan memerlukan perencanaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien yang disebut Human Resource Planning.

Perencanaan sumber daya manusia (human resource planning) atau yang biasa disebut dengan workforce planning dapat membantu Anda memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki orang yang tepat di dalam tim, yaitu mereka yang memiliki kemampuan bersaing, berinovasi, dan dapat mengembangkan keterampilan perusahaan.

Alasannya adalah bahwa tidak ada perusahaan yang mau mengambil risiko kekurangan keterampilan. Suatu perusahaan atau organisasi tanpa adanya pegawai atau karyawan yang sesuai baik segi kuantitatif, kualitatif strategi dan operasionalnya, maka perusahaan itu tidak mampu mempertahankan keberadaannya mengembangkan dan memajukan organisasi.

Perencanaan Sumber Daya Manusia (Human Resource Planning) merupakan strategi SDM melibatkan pengambilan tujuan organisasi dan menerjemahkannya ke dalam suatu kebijakan yang konsisten, terpadu, di dalam proses pembentukan dan pengelolaan karyawan. Namun, apakah kalian tahu apakah pengertian Human Resourse Planning?

Apa Itu Human Resource Planning?

Perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning) merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan, sedangkan sumber daya manusia adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia.

Tujuan dari integrasi sistem adalah untuk menciptakan proses prediksi sumber daya manusia yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif. Oleh karena itu, perencanaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama dalam memfasilitasi keefektifan organisasi dapat tercapai.

Pentingnya Human Resource Planning

Perusahaan di seluruh dunia harus beradaptasi dengan siklus desain produk dan bisnis yang lebih pendek dan lebih pendek karena perubahan teknologi yang cepat, inovasi produk yang berkelanjutan, globalisasi ekonomi, dan transmisi budaya dan generasi. Hal yang sama berlaku untuk Anda dan perusahaan Anda. Perencanaan sumber daya manusia penting untuk aspek-aspek berikut:

  1. Mengantisipasi permintaan di pasar tenaga kerja yang terus berubah.
  2. Memberdayakan UKM (panggung).
  3. Meningkatkan operasi perusahaan.
  4. Memecahkan risiko makro yang terkait dengan pendekatan sistem HRP.
  5. Atasi kekurangan bakat dan ubah kondisi populasi dunia.
  6. Menghadapi perubahan teknologi dan generasi baru.
  7. Menanggapi perubahan organisasi perusahaan.
  8. Alamat (legislatif) perubahan pemerintah.

Apakah Tujuan Utama Human Resource Planning?

Disetiap kegiatan pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai oleh adanya human resource ini, adapun tujuan utama perencanaan Human Resource ini adalah :

  1. Mencegah Terjadinya Kelebihan Pegawai. Untuk memastikan perusahaan mendapatkan karyawan yang tepat diwaktu dan ditempat yang tepat dan mempunyai kemampuan yang sesuai dengan job desk yang diberikan.
  2. Untuk memastikan Bahwa Perusahaan Bersifat Responsive. Responsive disini memiliki arti bahwa adanya perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan tersebut. Dan menyediakan pengarahan dan tujuan semua aktifitas dan sistem SDM.

Manfaat Perencanaan SDM

Dengan perencaaan tenaga kerja diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan.

Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan secara lebih baik. Perencanaan sumber daya manusia pun perlu diawali dengan kegiatan inventarisasi tentang sumber daya manusia yang sudah terdapat dalam perusahaan
  • Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, efektifitas kerja juga dapat lebih ditingkatkan apabila sumber daya manusia yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Standard Operating Prosedure (SOP) sebagai pedoman kerja yang telah dimiliki yang meliputi: suasana kerja kondusif, perangkat kerja sesuai dengan tugas masing-masing sumber daya manusia telah tersedia, adanya jaminan keselamatan kerja, semua sistem telah berjalan dengan baik, dapat diterapkan secara baik fungsi organisasi serta penempatan sumber daya manusia telah dihitung berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
  • Produktivitas dapat lebih ditingkatkan apabila memiliki data tentang pengetahuan, pekerjaan, pelatihan yang telah diikuti oleh sumber daya manusia. Dengan mengikutsertakan karyawan dalam berbgai pendidikan dan pelatihan, akan mendorong karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Melalui pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia yang diikuti dengan peningkatan disiplin kerja yang akan menghasilkan sesuatu secara lebih professional dalam menangani pekerjaan yang berkaitan langsung dengan kepentingan perusahaan.