Risk Management System ISO 31000

Risk Management System adalah pendekatan yang terstruktur dan komprehensif untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko yang dapat mempengaruhi kemampuan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya.

ISO 31000 adalah standar internasional yang memberikan panduan untuk manajemen risiko dalam organisasi. ISO 31000 merupakan kerangka kerja yang sistematis dan holistik untuk mengidentifikasi, menilai, mengelola, dan memantau risiko secara efektif.

Tujuan Risk Management System

Tujuan utama dari ISO 31000 adalah memberikan panduan yang dapat membantu organisasi dalam mengelola risiko dengan lebih efektif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dan pedoman yang terkandung dalam ISO 31000, organisasi dapat mencapai beberapa tujuan penting antara lain :

  1. Meningkatkan Pengambilan Keputusan
    Membuat keputusan yang lebih baik dengan mempertimbangkan semua jenis risiko yang mungkin mempengaruhi pencapaian tujuan.
  2. Melindungi Nilai
    Melindungi nilai aset dan investasi organisasi dengan mengidentifikasi dan mengelola risiko yang dapat mengancam nilai tersebut.
  3. Meningkatkan Kinerja
    Meningkatkan kinerja organisasi dengan membantu mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan dan mengoptimalkan strategi.
  4. Memastikan Kepatuhan
    Membantu organisasi untuk tetap patuh terhadap regulasi dan persyaratan hukum yang berlaku dengan mengelola risiko kepatuhan.
  5. Meningkatkan Tata Kelola
    Peningkatan tata kelola organisasi dengan mendorong transparansi, akuntabilitas, dan komunikasi yang baik terkait dengan risiko.
  6. Meningkatkan Ketahanan Bisnis
    Mempersiapkan diri menghadapi situasi krisis dan meningkatkan ketahanan bisnis mereka.
  7. Meningkatkan Reputasi
    Dengan mengelola risiko secara efektif, organisasi dapat mempertahankan dan meningkatkan reputasi mereka di mata pemangku kepentingan.

Cara Menerapkan

  1. Pemahaman Terhadap ISO 31000
    Membaca dokumen standar ISO 31000 dan materi referensi terkait untuk memahami prinsip-prinsip dasar dan pedoman yang disediakan atau Anda bisa mengikuti training ISO 31000 di Bizplus.
  2. Komitmen Manajemen
    Mendapatkan komitmen kuat dari top management untuk mendukung implementasi ISO 31000, untuk memastikan sumber daya dan dukungan yang cukup.
  3. Penetapan Ruang Lingkup
    Menentukan ruang lingkup manajemen risiko seperti identifikasi aset, proses, proyek, atau bagian organisasi yang akan dicakup oleh implementasi ISO 31000.
  4. Identifikasi Risiko
    Identifikasi semua jenis risiko yang mungkin memengaruhi tujuan organisasi, meliputi risiko operasional, finansial, hukum, lingkungan, dan lainnya.
  5. Penilaian Risiko
    Melakukan penilaian risiko dengan mengidentifikasi probabilitas dan dampaknya menggunakan framework matriks risiko untuk membantu dalam penilaian.
  6. Pengembangan Strategi Manajemen Risiko
    Setelah risiko diidentifikasi dan dinilai, dilakukan pengembangkan strategi untuk mengelola risiko. Mencakup tindakan mitigasi, transfer risiko, penerimaan risiko, atau strategi lainnya.
  7. Penerapan Tindakan Manajemen Risiko
    Terapkan tindakan yang telah ditetapkan untuk mengelola risiko. Pastikan ada pemantauan dan pelaporan yang sistematis.
  8. Komunikasi dan Konsultasi
    Komunikasikan dan konsultasikan manajemen risiko dengan semua pemangku kepentingan yang relevan, termasuk karyawan, mitra bisnis, dan regulator.
  9. Evaluasi dan Pemantauan Berkelanjutan
    Terus pantau dan evaluasi efektivitas manajemen risiko. Selalu perbarui dan sesuaikan strategi dan tindakan jika diperlukan.
  10. Dokumentasi dan Pelaporan
    Dokumentasikan semua langkah-langkah dan keputusan terkait manajemen risiko. Buat laporan reguler yang menggambarkan status manajemen risiko kepada manajemen senior.
  11. Pengembangan Budaya Manajemen Risiko
    Budayakan kesadaran tentang manajemen risiko di seluruh organisasi. Melibatkan karyawan dalam proses manajemen risiko dan pendidikan mereka tentang pentingnya manajemen risiko.
  12. Audit dan Peninjauan Eksternal
    Lakukan audit internal dan peninjauan eksternal secara berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap ISO 31000 dan peningkatan berkelanjutan.

12 hal di atas adalah cara untuk menerapkan Risk Management System. Jika Anda kesulitan untuk menerapkannya, Anda dapat menghubungi Bizplus sebagai jasa konsultasi dan training.

Penulis : NP

Share this :