5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses

  • by
Salesman

5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses  – Menjadi seorang Salesman mengharuskan Anda untuk bisa menjelaskan suatu produk dan layanan serta melakukan teknik persuasi kepada calon konsumen.

Anda harus bisa menjadi seorang komunikator yang handal agar bisa dengan mudah meyakinkan para konsumen.

Kemampuan komunikasi yang lebih baik akan memungkinkan Anda untuk bisa menjual lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan berkomunikasi, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 5 keterampilan berkomunikasi untuk menjadi Salesman sukses.

Belajar Menguasai Bahasa Tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari separuh komunikasi adalah non-verbal.

Komunikasi non-verbal seperti gerakan tangan, senyuman, ekspresi, perubahan intonasi akan memberikan sinyal kepada orang yang Anda ajak berbicara.

Hal yang tidak disadari adalah bahasa tubuh bisa Anda kirimkan setiap saat, meskipun saat sedang tidak berbicara.

Belajar Untuk Berempati Dengan Pelanggan

Empati menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memahami masalah mereka dan peduli untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Hal yang menjadi permasalahan adalah banyak tenaga penjualan yang mencoba untuk berempati dengan pelanggan hanya dengan menyetujui mereka.

Anda hanya mendengar masalah mereka dan selanjutnya menyajikan produk yang ditawarkan sebagai solusi terbaik.

Anda tidak menyadari bahwa pelanggan tidak bodoh dan mereka bisa dengan mudah mengetahui kapan orang lain benar-benar memahami permasalahan mereka.

Pendekatan di atas akan membuat tenaga penjual memberikan produk yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Mulailah berempati dan pahami dengan baik setiap permasalahan yang dihadapi oleh para pelanggan Anda.

Mengetahui Produk Dengan Baik

Seorang tenaga penjual sangat penting untuk mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan dengan baik.

Pengetahuan yang baik tentang produk dan layanan akan membuat Anda bisa dengan mudah mengkomunikasikannya dengan para pelanggan.

Tenaga penjual yang baik bisa dengan mudah menjelaskan fitur dan manfaat khusus yang paling menarik untuk para pelanggan.

Anda juga pasti bisa menjelaskan produk dan layanan tersebut dengan detail dan spesifik.

Jika memungkinkan, Anda bisa juga memperkuat penjelasan dengan angka dan data statistik yang bisa lebih dipercaya oleh para pelanggan.

Hal yang sangat penting untuk dijelaskan adalah manfaat yang berkaitan dengan penghematan biaya, kenyamanan, dan manfaat yang memudahkan hidup para pelanggan.

Berkomunikasi Dengan Jujur Tentang Apa yang Tidak Diketahui

Para pelanggan sangat memahami bahwa tidak semua orang bisa mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan layanan yang sedang ditawarkan.

Jika ada sesuatu hal yang tidak Anda ketahui dari produk atau layanan yang sedang ditawarkan, maka tidak ada salahnya untuk menyampaikan hal tersebut dengan pelanggan.

Berkomunikasilah dengan terbuka dan jujur sebagai bentuk pendekatan yang efektif dengan para pelanggan.

Peluang Anda untuk mendapatkan penjualan akan terbuka lebih lebar saat bersikap jujur daripada menjelaskan sesuatu yang tidak ada di dalam produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jadilah Seseorang yang Selalu Ingin Tahu

Kesalahan yang berulang kali dilakukan oleh para tenaga penjualan adalah mengucapkan kalimat yang sama di lapangan dan monoton.

Cara seperti ini akan membuat Anda berhenti terlibat dengan para pelanggan dan tidak berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi permasalahan para pelanggan.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh tenaga penjualan adalah tidak mengajukan pertanyaan kepada para pelanggan potensial.

Padahal dengan bertanya, Anda bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan dan belajar mengetahui apa yang mereka inginkan.

Tidak hanya itu saja, bertanya kepada para pelanggan akan membuat Anda memahami kebutuhan mereka dari waktu ke waktu, pemahaman tentang bagaimana pasar berubah, dan lain sebagainya.

Saat Anda menguasai 5 teknik dan keterampilan berkomunikasi di atas, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan konversi penjualan yang lebih baik dari sebelumnya.

Saat penjualan semakin meningkat, itu artinya potensi penghasilan yang Anda dapatkan akan semakin meningkat.