BRCGS Food Safety Standard Issue 9

Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP) saat ini sudah menjadi persyaratan yang cukup penting ketika Anda bergerak di bidang pangan. Bizplus.id sudah beberapa kali membahas Sistem Manajemen Keamanan Pangan, yang terdiri dari ISO 22000, FSSC 22000, HACCP, dan kali ini kita akan membahas terkait BRCGS (The British Retail Consortium Global Standards).

BRCGS (The British Retail Consortium Global Standards) adalah asosiasi perdagangan terkemuka untuk pedagang retail di Inggris yang sudah diakui oleh GFSI (Global Food Safety Initiative). Meskipun BRC berasal dari Inggris, tetapi sekarang sudah diakui sebagai standar global. Sesuai laman website BRCGS, saat ini sudah terdapat 17.000 organisasi yang bersertifikat BRC.

Apa yang baru dalam BRCGS Food 9?

Saat ini, BRCGS mengeluarkan edisi terbaru yaitu edisi 9, dan terdapat beberapa perubahan yang signifikan. Berikut adalah beberapa hal yang baru dalam BRCGS Issue 9 :

  1. Bagian 1 – Komitmen Manajemen Senior
    Terdapat perubahan yang menekankan pada komunikasi yang jelas dan terbuka tentang keamanan produk, pelatihan, feedback dari karyawan, perilaku yang diperlukan untuk memelihara dan meningkatkan keamanan produk pengukuran kinerja proses kegiatan yang berkaitan dengan keamanan, dan legalitas serta kualitas produk.
  2. Bagian 2 – Rencana Keamanan Pangan
    Terdapat perubahan pada proses validasi, organisasi harus melakukan validasi program persyaratan dasar untuk meminimalkan atau menghilangkan bahaya tertentu.
  3. Bagian 3 – Keamanan Pangan dan Sistem Manajemen Mutu
    Terdapat penekanan pada pemrosesan yang dialihdayakan, organisasi harus mempertimbangkan proses yang dialihdayakan dalam rencana HACCP dan harus dijelaskan secara rinci.
  4. Bagian 4 – Standar Situs
    Pada bagian peralatan (4.6) terdapat revisi terkait:
    a. Mempertimbangkan hygiene saat membeli peralatan baru
    b. Persyaratan untuk perangkat seluler
    c. Pembelian peralatan (peralatan baru, rekondisi, atau bekas)
    d. Klausul baru yang mengatur terkait peralatan yang bergerak dan statis
  5. Bagian 5 – Kendali Produk
    Terdapat penambahan untuk validasi produk yang diklaim pada label pangan
  6. Bagian 6 – Pengendalian Proses
    Jika terdapat produk sampingan di luar lingkup audit, organisasi perlu mempertimbangkan untuk tidak membahayakan keamanan produk yang diaudit. Hal ini tertuang pada Standar BRC issue 9.
  7. Bagian 7 – Pakaian Pelindung
    Terdapat perubahan dari BRC issue 8 yang menyatakan “pengujian efektifitas pembersihan”, saat ini diubah menjadi “validasi efektifitas pembersihan”.
  8. Bagian 8 – Zona Risiko Produksi
    Terdapat penambahan klausul yang mengatur jika terdapat dinding yang dapat dilepas, peralatan CIP (Cleaning In Place) harus digunakan pada area tertentu.
  9. Bagian 9 – Persyaratan untuk Produk yang Diperdagangkan
    Pada perubahan ini, organisasi harys menetapkan prosedur untuk memastikan bahwa produk jadi yang aman.

Beberapa penjelasan di atas merupakan penjelasan singkat terkait beberapa perubahan Standar BRCGS Issue 9. Standar BRCGS Issue 9 adalah wajib untuk semua audit yang dilakukan setelah 1 Februari 2023. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait Standar BRCGS, Anda dapat menghubungi Bizplus.id sebagai perusahaan konsultasi dan training.

Penulis : RP

Share this :