ISO 9001:2015 Menuju ISO 9001:2025

ISO 9001 merupakan salah satu standard ISO yang umum di mana membahas mengenai Sistem Manajemen Mutu. ISO 9001:2015 sendiri sudah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya di mana mulai menggunakan High Level Structure dengan 10 klausul.

Kelemahan

Beberapa kelemahannya adalah:

  1. ISO 9001:2015 dianggap terlalu berat dan kompleks untuk perusahaan/organisasi dengan skala kecil dan pekerjaan yang dinamis.
  2. Kurangnya pembahasan atau penjelasan yang update dengan kondisi saat ini yang mulai banyak menggunakan teknologi atau bahan Artificial Intelligence.
  3. Pendekatan terhadap proses yang masih perlu untuk diperbarui kembali karena kurang membahas secara komprehensif tentang pemahaman hubungan antar proses sebagai tujuan mutu perusahaan.

Perubahan ISO 9001:2025

Beberapa perubahannya adalah:

  1. Pendekatan berbasis risiko yang lebih terintegrasi, di mana tujuannya adalah perusahaan/organisasi dapat mengidentifikasi dan mengendalikan risiko secara lebih sistematis dan komprehensif.
  2. Penekanan yang lebih terhadap pemahaman hubungan antar proses, sehingga perusahaan/organisasi dalam menjalankan sistem manajemen mutu berfokus pada interaksi antar proses.
  3. Perubahan pada beberapa persyaratan agar lebih fleksibel dan dapat diimplementasikan pada semua tingkatan organisasi.
  4. Perubahan pada beberapa terminologi agar lebih jelas maksud dari persyaratan yang dibutuhkan.
  5. Perubahan pada beberapa persyaratan dengan memasukkan beberapa poin-poin mengenali teknologi.

Jika perusahaan anda sebelumnya sudah memiliki sertifikat tahun 2015, maka kabar baiknya anda dapat melakukan pembaruan ke tahun 2025 tanpa mengulang dari nol.

Penulis: YW
Share this :