Mencari Kandidat Berkualitas

Mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi di Perusahaan Anda bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu. Tak jarang, HRD dihadapkan dengan kesulitan untuk menemukan kandidat yang memiliki kualifikasi dan akrakter yang sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari kandidat yang cocok, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Forum Mencari Kandidat Yang Berkualitas

Dalam mencari kandidat yang cocok dan sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, Anda dapat mencari kandidat-kandidat yang berkualitas melalui berbagai forum online dan offline, diantaranya:

  1. LinkedIn: platform professional yang banyak digunakan oleh para pencari kerja dan professional. Anda dapat memposting lowongan pekerjaan di LinkedIn dan mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan oleh Perusahaan.
  2. Jobstreet: sistus web lowongan kerja ternama di Indonesia. Anda dapat memposting lowongan pekerjaan di Jobstreet dan menggunakan firut pencarian untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Karir.com: Situs web lowongan kerja yang menyediakan berbagai iformasi tentang karir dan pekerjaan. Anda dapat memposting lowongan pekerjaan di Karir.com dan mengikuti berbagai seminar dan workshop yang diadakan oleh Karir.com
  4. Job fair: Acara yang memeprtmeukan pencari kerja dengan Perusahaanyang sedang mencari karyawan. Anda dapat mengikuti job fair untuk bertemu langsung dengan para pencari kerja dan mempromosikan PerusahaanAnda.

HRD dari Lulusan Psikolog

Seorang HRD yang sedang mencari kandidat, disarankan untuk memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan psikologi. Mengapa hal ini terjadi? Lulusan psikologi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia dan cara menilai potensi seseorang. Dengan pengetahuan ini, seorang HRD dapat lebih mudah untuk:

  1. Membuat profil pekerjaan yang akurat
  2. Mengembangkan proses interview yang efektif
  3. Membuat Keputusan perekrutan yang baik

First impression dalam mencari kandidat

Dalam mencari kandidat yang cocok adalah dengan melihat first impression kandidat. Pada saat proses rekruitmen karyawan, kesan pertama atau first impression seorang kandidat sangatlah penting dalam tahapan interview. Pastikan Anda memperhatikan penampilan, Bahasa tubuh, dan cara berbicara kandidat. Hal ini dapat memberikan Anda gambaran awal tentang kepribadian dan profesionalisme kandidat.

Pertanyaan Wajib Yang Diajukan HR Saat Interview

Selain pertanyaan tentang pengalaman kerja dan kualifikasi, pastikan Anda juga mengajukan pertanyaan lain untuk mendapatkan kandidat yang cocok, misalnya mengenai:

  1. Motivasi dan tujuan karir kandidat
  2. Kemampuan bekerja dalam tim
  3. Cara mengatasi stress dan kondlik
  4. Kemampuan adaptasi dan fleksibilitas
  5. Gaji yang diharapkan

Pertanyaan Tambahan Untuk Mengetahui Karakter Kandidat

Pertanyaan tambahan yang lebih spesifik juga dapat diajukan Ketika proses interview agar dapat menggalu lebih dalam mengenai kandidat dan menyesuaikan dengan visi misi serta arah perusahaan. Berikut beberapa pertanyaan untuk mengetahui kandidat tersebut yaitu:

  1. Ceritakan tentang situasi di mana Anda harus mengambil keputusan sulit. Bagaimana Anda mengambil keputusan tersebut?
  2. Ceritakan tentang situasi di mana Anda harus bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Apa peran Anda dalam tim tersebut?
  3. Ceritakan tentang situasi di mana Anda mengalami kegagalan. Bagaimana Anda belajar dari pengalaman tersebut?

Catatan:

  1. Pastikan Anda menyesuaikan pertanyaan interview dengan kebutuhan dan budaya perusahaanAnda.
  2. Gunakan berbagai metode penilaian untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kandidat.
  3. Percayai intuisi Anda saat memilih kandidat.

Penulis: KT
Share this :