Pengertian Manajemen Persediaan, Fungsi Dan Metode Yang Digunakan

Manajemen

Manajemen Persediaan atau bisa juga disebut dengan Inventory Management adalah suatu kegiatan dalam manajemen operasional dan manajemen produksi yang berfungsi untuk menjaga jumlah optimum suatu bahan atau barang yang disimpan yang akan digunakan untuk dapat memenuhi tujuan tertentu. Berikut merupakan fungsi dari Inventory Management :

  1. Memastikan persediaan minimum suatu barang (safety stock).
  1. Mengurangi risiko pada keterlambatan dalam pengiriman.
  2. Mengurangi suatu risiko harga yang fluktuatif.
  3. Menyesuaikan jadwal pembelian dengan jadwal suatu produksi.
  4. Mengantisipasi suatu perubahan yang terjadi pada penawaran maupun permintaan.
  5. Mengantisipasi suatu permintaan mendadak.
  6. Menjaga jumlah persediaan yang hanya tersedia pada musiman, sehingga ketika bahan sedang tidak musim, maka perusahaan masih memiliki persediaan barang tersebut.
  7. Menjaga suatu komitmen terhadap customer agar barang bisa diproduksi dengan waktu dan kualitas yang diminta.
  8. Menentukan kuantitas persediaan yang harus disimpan untuk berjaga-jaga.

Berdasarkan jenisnya, dapat digunakan untuk melakukan persediaan pada barang-barang berikut :

  1. Persediaan bahan baku: memastikan adanya stok bahan baku yang akan digunakan untuk proses produksi.
  2. Persediaan work in process atau barang setengah jadi: Inventory management memperhitungkan seberapa besar barang dalam proses yang dimiliki untuk dapat diproses pada pabrik lain atau diteruskan kepada pelanggan supaya bisa memenuhi permintaan pasar dan atau sesuai jadwal produksi.
  3. Persediaan barang jadi: memperhitungkan pengaturan persediaan barang untuk pengiriman atau pendistribusian kepada pelanggan sesuai dengan kondisi pasar, internal ataupun eksternal. dalam barang jadi, juga berfungsi untuk menjaga agar persediaan yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dapat terjaga.

Ketiga jenis persediaan di atas, dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan dan melakukan prediksi tehadap keputusan-keputusan yang akan diambil. Memisahkan persediaan juga dapat membantu manajemen untuk membuat laporan keuangan serta menyeimbangkan antara biaya yang timbul karena memiliki persediaan atau kerugian yang mungkin terjadi jika kehabisan persediaan. Oleh karena itu manajemen perusahaan perlu mengerti dan memahami pentingnya manajemen persediaan.

 

Sumber : Ayunda. 29 April 2020. Pengertian Manajemen Persediaan, Fungsi Dan Metode Yang Digunakan