Sertifikasi ISO Palsu: Dampak Untuk Perusahaan

Sertifikasi ISO merupakan sesuatu yang banyak dikejar oleh perusahaan-perusahaan, di mana sertifikat ini dijadikan sebagai tolak ukur sistem manajemen.

Dengan keuntungan yang banyak ini tak jarang ada perusahaan yang menggunakan cara singkat/shortcut untuk mendapatkan sertifikasi ISO agar dapat segera mendapatkan calon customer.

Kerugian Perusahaan

Perusahaan juga akan rugi karena dokumentasi dan implementasi yang baik juga menjadi bukti bahwa perusahaan layak untuk memiliki standard internasional.

Dalam melakukan pengurusan sertifikat ISO biasanya memakan waktu beberapa bulan dan hal inilah yang membuat beberapa perusahaan keberatan dan mencari yang instant.

Banyak kasus perusahaan seperti ini dan mencari jasa pembuatan sertifikat ISO dalam satu hari dan ujungnya perusahaan tertipu karena mendapatkan sertifikat palsu.

Sertifikasi Palsu

Ada beberapa kasus juga perusahaan sudah mengimplementasikan sistem dengan baik tetapi badan sertifikasi yang digunakan tidak resmi.

Sertifikasi ISO Palsu: Dampak Untuk Perusahaan adalah nomor sertifikat dan nama perusahaan tidak dapat dicari pada laman www.iafcertsearch.com atau lembaga akreditasi lain.

(IAF merupakan International Accreditation Forum sehingga database-nya cukup lengkap). Sertifikat ISO yang palsu tidak akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Gambar 1: Tampilan Laman www.iafcertsearch.com

Dampak Buruk

  • Image perusahaan jelek di mata customer

Customer saat ini sudah mulai aware akan sertifikat ISO palsu dan cara melakukan pengecekan keaslian sertifikat ISO juga tidak sulit.

  • Perusahaan tidak memiliki sistem manajemen yang sesuai

Hal ini berlaku untuk perusahaan yang menginginkan sertifikasi ISO secara instant.

Share this :