PERUSAHAANMU BELUM MEMPUNYAI SERTIFIKAT ISO? APA KATA DUNIA?

Dalam sebuah sistem manajemen, International Organization for Standardization atau yang biasa dikenal ISO menjadi salah satu standar internasional untuk pengukuran mutu organisasi. ISO berperan penting dalam mengukur kredibilitas sebuah perusahan yang ingin bersaing secara global dan juga salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemennya. Perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO memiliki nilai lebih dan peluang yang lebih besar dalam memenangkan kompetisi pasar karena kualitasnya telah terjamin dari produk ataupun jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terkait brand tersebut. Selain itu, ISO juga bermanfaat untuk menyelaraskan sertifikasi teknis dari produk dan jasa, mengefisiensikan industri dan meminimalisir hambatan perdagangan internasional.

Manfaat Sertifikat ISO

Ada beberapa manfaat lain mengapa sebuah perusahaan harus memiliki sertifikat ISO, diantaranya:

  1. Perusahaan akan terdaftar dalam Lembaga Sertifikasi
    Kredibilitas perusahaan yang telah mendapat sertifikat ISO akan terjamin, dikarenakan ISO sendiri memiliki standar untuk memastikan kualitas dari produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Perusahaan yang telah memiliki ISO akan di audit secara periodik agar kualitas dan kredibilitas dari perusahaan dapat terus terukur.  
  2. Terbukanya kesempatan pasar baru
    Ketika kredibilitas sebuah perusahaan terus meningkat dan menawarkan kualitas internasional, tentunya hal ini akan berdampak pada citra perusahaan. Citra perusahaan akan meningkat, sehingga dapat memperluas kesempatan pasar baru karena memiliki brand image yang positif memegang perananan penting dalam dunia bisnis.
  3. Perusahaan akan terus berprogresif
    Perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO akan selalu berusaha untuk mempertahankan sertifikat ISO. Dengan demikian, perusahaan akan terus berusaha untuk melakukan perubahan dalam hal budaya mutu bagi perusahaan.
  4. Menjadi patokan dalam bekerja
    Agar dapat mempertahankan sertifikat ISO, perusahaan akan terus berupaya bekerja seoptimal mungkin dengan zero mistake. Saat bekerja, karyawan akan selalu berhati-hati untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Kualitas kerja karyawan akan terus berkembang dan akan terbentuk budaya kerja baru.
  5. Meminimalisir terjadinya perbedaan persepsi
    Dengan adanya suatu standarisasi, maka dalam melaksanakan semua kegiatan perusahaan akan berpatokan pada satu acuan. Selain itu, dengan adanya acuan tersebut, dapat menyeragamkan hasil walaupun memiliki pekerjaan yang berbeda-beda.

Tidak dapat disangkal bahwa manfaat perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi ISO sangat membantu untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan dan menonjol di pasar yang kompetitif. Namun untuk mendapatkan sertifikasi ISO, perusahaan harus lulus audit terlebih dahulu.

Tips Mendapatkan Sertifikat ISO

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan sertifikat ISO adalah Audit. Berikut lima tips utama agar lulus audit ISO:

  1. Be Well Prepared
    Memiliki sistem manajemen bukan hanya membuat dokumen atau prosedur tetapi untuk membantu perusahaan agar dapat meningkatkan mutu perusahaan. Maka pastikan segala hal dipersiapkan dengan baik dan jangan membiarkan implementasi hanya dilakukan saat akan audit.
  2. Take Internal Audit
    Audit internal akan membantu mengidentifikasi kemungkinan masalah yang mungkin tidak kita sadari dan melakukan perbaikan untuk mendorong peningkatan berkelanjutan untuk suatu perusahaan. Ingat, masalah apa pun yang ditemukan pastikan sudah terdapat tindakan korektifnya.
  3. Complete a management review
    Tinjauan manajemen dapat membantu untuk memastikan keberlangsungan dan keefektifan sistem manajemen untuk peningkatan perusahaan.
  4. Closely monitor objectives
    Sasaran merupakan tolak ukur utama untuk memastikan kinerja Sistem Manajemen suatu perusahaan dan auditor akan berharap untuk melihat bahwa perusahaan memantaunya tiap bulan, melaporkan keberhasilan atau kegagalan dan menunjukkan bahwa Anda mengendalikan prosesnya.
  5. Be Honest
    Penting untuk dipahami bahwa auditor bukan untuk menjatuhkan kita, jadi jujurlah kepada mereka. Ketidaksesuaian atau kekurangan apa pun dalam sistem dapat berjalan lebih lancar secara signifikan jika Anda jujur dan terbuka tentang hal itu dan memastikan bahwa Anda akan segera memperbaikinya.

Setelah mengetahui manfaat sertifikat ISO dan tips untuk mendapatkan sertifikasi ISO, sudah punya pandangan bukan sebelum melakukan sertifikasi nantinya. Apakah masih bingung untuk mendapatkan sertifikat ISO? Jangan khawatir, konsultan ISO Bizplus adalah konsultan ISO terpercaya yang sudah membantu berbagai macam jenis perusahaan untuk memperoleh sertifikat ISO. Segera hubungi Training Bizplus agar perusahaan Anda lulus dalam proses sertifikasi ISO.

Penulis : RA