Sistem Manajemen QHSE (Quality, Health, Safety & Environment)

Sistem Manajemen QHSE adalah pendekatan terintegrasi yang bertujuan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas produk atau layanan, menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, serta melindungi lingkungan. QHSE adalah singkatan dari Quality, Health, Safety, and Environment (Kualitas, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan).

Sebagai tujuannya untuk selalu berusaha memenuhi kepuasan pelanggan, menjaga lingkungan sekitar, dan menjamin karyawan berada di tempat kerja yang aman, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang lengkap dan komprehensif mengenai ketiga hal tersebut. Untuk saat ini perusahaan dapat mengimplementasi sistem manajemen mutu, K3, dan lingkungan dengan mengacu pada standar ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2018.

Karena mengacu pada standar ISO terkait, maka perusahaan dapat dengan mudah mengintegrasikan sistem manajemennya. Jadi perusahaan Bapak dan Ibu tidak perlu untuk membuat dokumen-dokumen yang sangat banyak untuk memenuhi ketiga persyaratan tersebut. Maksudnya di sini adalah dalam 1 dokumen sudah dapat mencakup proses pemenuhan penjaminan mutu, K3, dan lingkungan.

Melakukan integrasi terhadap sistem manajemen mutu, K3, dan lingkungan memang bukanlah suatu hal yang mudah tetapi apabila diterapkan di perusahaan pastinya akan membawa manfaat yang sangat signifikan. Penerapan ini tidak mudah dikarenakan perusahaan perlu untuk membuat sistem di mana perusahaan tetap dapat memenuhi persyaratan pelanggan secara maksimal tetapi juga memperhatikan lingkungan kerja yang aman dan hasil dari proses perusahaan tidak merusak lingkungan.

Tantangan terbesarnya adalah perusahaan harus menyiapkan infrastruktur-infrastruktur dan melengkapi kembali perijinan-perijinan atau sertifikasi personil, hal ini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama untuk development dan kepengurusannya. Di samping menjalankan itu semua perusahaan tetap perlu untuk menjaga performa penyediaan produk atau jasanya agar pelanggan tetap puas.

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen QHSE

Apabila perusahaan sudah dapat berhasil mengimplementasi sistem manajemen mutu, K3, dan lingkungan ini maka beberapa manfaat yang didapatkan oleh perusahaan antara lain adalah :

  1. Kinerja dari perusahaan semakin meningkat karena perusahaan berfokus pada penyediaan mutu kepada customer. Minimnya kecelakaan kerja dan insiden terkait dengan lingkungan mengakibatkan waktu yang terbuang karena ada insiden semakin sedikit dan pekerja dapat lebih produktif.
  2. Menurunkan risiko kecelakaan kerja dan kerusakan lingkungan karena sudah dilakukan pengidentifikasian dan mitigasi terhadap risiko K3 dan aspek lingkungan yang relevan dengan proses yang dijalankan di perusahaan.
  3. Meningkatkan citra perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu, K3, dan lingkungan yang tersertifikasi karena customer semakin yakin dengan proses yang dilaksanakan oleh perusahaan dan jarangnya ada kasus-kasus terkait K3 dan lingkungan yang menjadi masalah perusahaan. Perusahaan yang ramah lingkungan dan dapat mengendalikan aspek lingkungan akan dipercaya oleh customer dan masyarakat sekitar.

Penulis : YW

Share this :